Cafe seringkali menjadi destinasi berkumpul bersama teman-teman dan kerabat sambil menikmati beberapa santapan makanan dan minuman. Sesuatu yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah bagaimana makanan diproduksi hingga menjadi sebuah hidangan yang disajikan di cafe atau restoran.

Agri-tech brand asal Korea, N.Thing menghadirkan cafe serbaguna yang dapat mengedukasi para pengunjung mengenai proses produksi makanan melalui sebuah showroom bernama 'smart farm'.





Ada di Korea Selatan, Cafe Serbaguna yang Edukatif!


Berlokasi di Gangnam-gu, Seoul, cafe serbaguna dengan nama Sik Mul Sung Dosan ini memiliki peran yang meliputi sebuah area makan, showroom serta retail space.

'Smart farm' merupakan showroom yang digunakan untuk memajang produk-produk flagship. Selain itu, 'smart farm' juga dilengkapi dengan modular vertical farming system dan sebuah operating system yang diberi nama Cube.


Baca juga, Cafe Fluid dengan Konsep Alami di Tengah Kota


Produk-produk ini dipajang untuk menunjukkan proses dari penanaman sayur yang dilakukan dengan kondisi yang persis sesuai tempatnya tumbuh. Memanfaatkan teknologi, farming system ini dioperasikan menggunakan robot.


Ada di Korea Selatan, Cafe Serbaguna yang Edukatif!


Saat tumbuhan sudah matang dan dewasa, para pengunjung diperbolehkan untuk memetik dan membawanya pulang.


Baca juga, Suka Bikin Konten Home Café? Beli Gelas Estetiknya Di Sini


Tidak hanya menghadirkan elemen edukasi. 'Smart farm' dengan tampilan grid metal vertikal yang dipenuhi tumbuhan hijau yang menghiasi dinding ini juga berperan sebagai elemen desain yang menjadi ciri khas cafe.





Ada di Korea Selatan, Cafe Serbaguna yang Edukatif!


Di cafe ini, para pengunjung dapat mencicipi menu-menu minuman plant-based seperti protein lattes, sprout soy milk dan basil pine sorbet yang merupakan hasil karya chef terkenal, Ho Yun Kim.


Teks oleh: Shabrina P. Nisakara
Sumber foto: N.Thing