Warna putih adalah warna yang sangat umum dan general dipakai di hunian, baik itu apartment atau pun landend house. Terutama bagi Anda yang membeli rumah di cluster atau rumah tipikal, tentu rumah tersebut dipenuhi dengan dinding yang hanya berwarna putih. Apa alasannya? 


Warna putih tampak menjadi pilihan terbaik karena beberapa alasan. Warnanya ringan, netral, dan membuat ruangan terlihat lebih besar. Dan warna putih adalah salah satu tren desain teratas untuk tahun 2022.






Pufik Homes


Warna ini adalah pilihan yang bagus untuk membuat rumah Anda terlihat lebih besar, lebih cerah, dan lebih menarik bagi pembeli (jika Anda rencana mau menjual rumah Anda). Apapun selera desain Anda, warna putih akan tampak harmonis dan mudah disandingan dengan hal lain. Tapi hati-hati karena warna ini sangat mudah kotor. 


Shabyfufu


Warna putih itu cukup banyak variasinya. Jika Anda melakukan katalog cat, paling tidak ada 10 warna bernuansa putih, seperti sedikit mengarah ke warna kuning, hijau, biru, abu-abu, dll. Namun walaupun berwarna serupa, ini dia 5 rumah berdinding putih tapi memiliki nuansa yang berbeda. AlaCASA telah membaginya  sesuai dengan karakter / kepribadian, adakah yang cocok dengan Anda?


1. Yang Suka Serba Efisien

Efisien di rumah itu banyak caranya. Layout atau denah rumah juga dapat membuat aktivitas di dalam menjadi lebih efektif. Misalnya posisi kulkas yang berada di dekat dapur dan ruang makan, sehingga Anda tidak perlu buang-buang waktu mengambil makanan. 



Desainer Interior: Muhly Studio / Ann Edgerton


Efisien lain juga bisa pada pemanfaatan kondisi sekitar seperti pencahayaan alami. Skylight di rumah salah satunya. Apa sih skylight itu? Skylight umumnya berupa jendela kaca di ceiling untuk memaksimalkan pencahayaan alami ke dalam rumah. Skylight punya banyak fungsi, seperti mengurangi kelembaban, menghemat energi, menghadirkan kesan luas padan ruangan dan menampilkan warna asli furnitur rumah.


2. Bagi Anda yang workaholic dan suka fokus

Masih ada beberapa orang yang menerapkan WFH karena kini karyawan sudah banyak yang WFO atau bahkan WFA (Working From Anywhere). Untuk yang lebih senang bekerja di rumah dan memiliki home office khusus, warna putih di ruang kerja dapat membuat Anda lebih fokus bekerja.


Semakin banyak orang yang bekerja dari rumah, ruangan ini menjadi bagian yang sangat penting dari lingkungan hidup kita maka perlu personal touch.



Fotografer: @antoniuswidjaya/ Desainer Interior: @i.kawitan


Idealnya ruang kerja itu seperti:

1. Menggunakan task lamp di atas meja kerja biar semakin fokus bekerja,

2. Bekerja menghadap jendela untuk refreshing melihat pemandangan di luar rumah saat lagi stuck, serta

3. Menaruh beberapa pajangan seperti collage gambar antik sebagai penyuntik inspirasi.




3. Yang ekspresif dan berani berpendapat

Dinding rumah adalah kanvas kosong dengan pilihan wall decor yang tak terbatas. Pilihan dekorasi dinding punya banyak gaya, ukuran, warna, dan lainnya. Bagi Anda yang ekspresif, Anda tidak akan takut mix n match berbagai kombinasi wall decor. 



Line Schjelde (@merimeri.dk)


Menurut Sarah Lang, Product Designer and Account Manager for Paragon di Amerika, “Art is personal and subjective in that it sets the tone for the space and the homeowner. It has the ability to transport you anywhere in the world while still safe at home.”


Baca juga, Mudah! 5 Cara Menyusun Kolase Pigura Foto Di Dinding


Tips AlaCASA: Saat memasang art piece atau wall decor, ukur ruangan Anda terlebih dahulu. Susun dulu di lantai atau membuat replikasi frame dari kertas dan tempel di dinding. Mundur 3-5 langkah untuk melihat dari angle yang lebih jauh. Jika Anda sudah suka, lanjutkan memaku atau menempel.


4. Si introvert

Rumah bagi untuk introvert harus membantu diri untuk recharge dan kembali ke dunia dengan energi baru. Maka interior rumah tersebut harus menjadi sanctuary dan menyuarakan jati diri mereka sendiri sepenuhnya 100%, tidak seperti di tempat lain. Hal ini bukan berarti rumah yang menutup diri dari dunia, tapi sebagai tempat yang memahami dunia tanpa gangguan.



Desainer Interior: Cate St Hill


Spektrum warna putih yang netral sangatlah cocok. Namun perlu ada sentuhan warna dan material yang alami, menenangkan dan menyenangkan, seperti biru, hijau dan abu-abu. Gunakan furnitur  dari kayu, batu alam, dan sentuhan karpet bermotif. Inilah unsur-unsur yang bisa jadi teman terbaik seorang introvert di rumah. Gaya rumah Japandi atau Scandinavian biasanya cocok untuk karakter introvert.


5. Buat Anda yang Perfeksionis

Presisi adalah kunci dari rumah perfeksionis. Semuanya tertata rapi. Walaupun dekorasi rumah memiliki bentuk yang berbeda-beda namun tertata dengan baik. Membutuhkan beberapa waktu untuk mengatur, mengulang, memutar, dan menukar dekorasi. Bahkan Anda akan memikirkan bagaimana posisi dan ketinggian dekorasi tersebut dan bagaimana benda itu berinteraksi satu sama lain.


Rosa Beltran Design


Dinding putih adalah warna yang paling menyenangkan bagi orang-orang yang perfeksionis karena warnanya bersih dan terlihat terang. Tapi ini bisa menjadi boomerang, karena warna putih cepat kotor jadi Anda pasti akan "gemas" untuk membersihkannya setiap ada noda terlihat. Tambahkan aksen warna pastel untuk mempercantik ruangan.


Tanja van Hoogdalem



Sumber foto teaser: GAFF Interiors