Ulang tahun menjadi satu hari paling spesial dalam setahun. Momen bertambahnya usia tentu menjadi momen yang tak ingin dilewatkan begitu saja, kan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semuanya bergembira merayakan hari kelahiran. 


Selain kue ulang tahun, dekorasi juga menjadi salah satu hal penting dalam sebuah pesta ulang tahun. Dekorasi ulang tahun dapat menjadi pemanis yang bisa membuat suasana menjadi lebih berkesan dengan hadirnya balon-balon dan pernak-pernik lain yang memeriahkan pesta. 


Nah, jika Anda berencana menyelenggarakan pesta ulang tahun dalam waktu dekat, berikut ini beberapa ide dekorasi ulang tahun sederhana tapi tetap berkesan yang bisa Anda sontek. Cek idenya disini!


1. Bunting Flag bertulisan “selamat ulang tahun”


(Photo by Bambi Corro on Unsplash)


Baik pesta ulang tahun sederhana di rumah ataupun pesta ulang tahun meriah di aula pesta, semuanya membutuhkan dekorasi ulang tahun bertuliskan “Happy Birthday” atau “Selamat Ulang Tahun”. Bisa dikatakan, itu adalah dekorasi penting dan titik fokus dalam pesta ulang tahun.  


Anda bisa membuat bunting flag bertuliskan “Happy Birthday” dari kertas manila atau kertas asturo yang dibentuk sesuai dengan keinginan. Untuk tulisannya, Anda bisa menuliskannya langsung pada pola kertas, atau cetak huruf dan gunting sesuai bentuknya, lalu tempelkan pada pola kertas yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu susun dan tempelkan pada pita atau tali menggunakan double tape


Gantung dekorasi ulang tahun bertuliskan “Happy Birthday” ini di dinding belakang meja tempat kue ulang tahun. Ini adalah ide dekorasi dinding sederhana yang bagus sekaligus sebagai latar belakang foto untuk pesta ulang tahun. 


2. Dekorasi ulang tahun dengan balon


(Photo by Natalie from Pexels)


Kurang lengkap rasanya, merayakan pesta ulang tahun tanpa hadirnya balon-balon. Balon menjadi dekorasi yang sangat identik dengan pesta ulang tahun. Balon dapat membuat suasana menjadi lebih berkesan, ceria, dan meriah. 


Sekarang ini, terdapat banyak bentuk, warna, dan ukuran balon yang bisa Anda pilih —sesuaikan dengan tema pesta ulang tahun. Pilih warna balon yang beragam tetapi tetap satu gradasi agar ruangan tidak terlihat monoton.


3. Dekorasi ulang tahun dengan hiasan rumbai


(Photo by DESIGNECOLOGIST on Unsplash)


Untuk semakin memeriahkan suasana sekaligus membuat ruangan semakin terlihat menarik, gunakan hiasan rumbai warna-warni sebagai dekorasi ulang tahun sederhana di rumah. Hiasan ini dapat dengan mudah Anda buat dengan kertas warna-warni atau kertas mengkilap.




Anda hanya tinggal gunting memanjang kertas warna-warni atau kertas mengkilap, lalu Anda bisa menggantungnya di dinding polos. Gunakan dua atau tiga warna kertas agar tidak monoton dan memberikan kesan ceria pada pesta ulang tahun. 


4. Dekorasi ulang tahun dengan foto


(Photo by Raj Rana on Unsplash)


Ide dekorasi ulang tahun yang satu ini wajib banget Anda coba. Selain simpel, dekorasi ulang tahun dengan foto ini juga bisa meaningful dan sweet banget, lho. Anda bisa mencetak foto-foto sejak bayi hingga saat ini. Untuk memberikan kesan lebih estetik, cetak foto-foto dalam bentuk polaroid. Kemudian, gantung lampu string ala Tumblr dan jepit foto-foto pada tali lampu. 


5. Dekorasi ulang tahun dengan tanaman hias


(Photo by Daria Shevtsova from Pexels)


Tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan dekorasi ulang tahun, tetapi memiliki banyak koleksi tanaman hias? Manfaatkan saja tanaman hias yang ada di rumah sebagai dekorasi ulang tahun. Letakkan beberapa tanaman hias di rak dinding atau meja di dalam ruangan, atau gantungkan beberapa tanaman hias gantung. Simpel namun tetap estetik, kan?


6. Dekorasi kipas kertas ulang tahun


(amazon.com)


Kipas kertas ulang tahun dapat menjadi ide dekorasi ulang tahun sederhana lainnya. Tak hanya murah dan mudah untuk dibuat, dekorasi sederhana ini juga tampak cantik dan memberikan kesan meriah. Gunakan kertas berwarna- warni kemudian lipat dengan rapi —seperti lipatan kipas—lalu satukan ujung kertasnya. Anda bisa meletakkan dekorasi ulang tahun ini di dinding atau digantung.


Agar pesta ulang tahun semakin meriah, Anda bisa menggabungkan keenam ide dekorasi di atas, lho! Namun, tetap perhatikan keserasiannya, ya, supaya dekorasi ulang tahun tidak terkesan berlebihan atau norak. 




(Teaser: Photo by Andrea Mininni on Unsplash)