Montblanc, perusahaan asal German yang terkenal dengan berbagai produk pena eksklusifnya, mendirikan sebuah bangunan mewah di Hamburg bernama Montblanc Haus. Perusahaan yang telah memberi pengaruh besar pada budaya menulis selama 115 tahun ini, membangun Montblanc Haus untuk membangun inspirasi kepada generasi muda dalam seni menulis.


Museum tersebut menampilkan sejarah perusahaan Montblanc dan perkembangan dunia menulis serta mengungkapkan bagaimana orang-orang seperti Ernest Hemingway dan Frida Kahlo menggunakan alat tulis yang mumpuni untuk meninggalkan jejak mereka di dunia.







Bangunan seluas 3.600 m2 ini berada tepat di sebelah kantor pusat dan pabrik Montblanc di Hamburg. Dirancang oleh Nieto Sobejanos Arquitectos, studio arsitek tersebut merancang eksterior dengan kombinasi warna hitam dan putih klasik ala Montblanc. Tepi bergerigi di bagian depan bangunan mewakili bentuk historis kemasan alat tulis.



Baca juga, Karya Justin Bieber, Ini Kolaborasinya Bersama Vespa


Montblanc Haus menggandeng beberapa seniman untuk menampilkan karya-karyanya. Pengunjung akan disambut dengan karya dari Wendy Andreu saat memasuki area pameran. Ada juga karya Studio Marianne Guély, berupa instalasi berbahan dasar kertas yang digantung di dalam kubah bangunan.




Pengunjung dapat menjelajahi berbagai koleksi arsip pena Montblanc dan mencoba langsung berbagai alat tulis koleksinya, mengirim kartu pos, serta mengikuti berbagai kelas di Writing Atelier. Dalam berbagai kelas di Writing Atelier, pengunjung dapat mengikuti kelas seni kaligrafi, penulisan kreatif, dan kelas anak-anak.






Baca juga, Segera Hadir, Studio Ghibli Theme Park di Jepang


Untuk memangun komunitasnya, Montblanc juga akan menyelenggarakan kelas khusus khusus untuk anak-anak dan dewasa yang kurang beruntung dengan harapan untuk menginspirasi mereka dalam menemukan kebebasan dan ekspresi dalam menulis.




Montblanc Haus mulai dibuka untuk publik mulai 16 Mei 2022, dan akan ada juga pameran spesial “30 Years of the Patron of Arts“ yang dilaksanakan hingga bulan Oktober 2022.


Sumber foto dan teaser: Montblanc
Teks oleh: Azzahra Via Tanaro