Siang itu udara khas pegunungan menerpa lembut saat AlaCASA tiba di daerah Payangan, Gianyar. Daerah dengan alam yang sangat eksotis tersebut memang tidak terlalu jauh dari Ubud yang sarat akan destinasi relaksasi. Ya, Bali memang selalu membawa cerita saat pelesiran dengan ragam ciri khas daerahnya. Kali ini, AlaCASA bertandang ke salah satu resor kesehatan terbaik di dunia, COMO Shambhala Estate. Setelah vakum selama dua tahun, resor yang telah meraih beberapa penghargaan internasional ini kembali membuka pintunya bagi para pecinta relaksasi. Bukan sekadar relaksasi berlibur, melainkan kesempurnaan untuk mengembalikan kesehatan jiwa dan raga melalui bermacam program wellness yang dimiliki.

COMO Shambhala Estate yang telah menginjak usia dua dekade tetap konsisten menjadi tempat bagi para tamu yang menginginkan ketenangan dalam fasilitas resor mewah yang menyatu dengan alam. Usai melakukan proses check in, AlaCASA beranjak memasuki area resor yang langsung disambut pemandangan luas perbukitan di Payangan yang serba hijau. COMO Shambhala Estate seolah hadir dalam kesahajaan yang siap memanjakan setiap tamu yang singgah untuk kembali mencari segala kebaikan diri.





Bersemayam di Hutan Payangan yang tenang dengan luas hingga sembilan hektar, COMO Shambhala Estate memiliki beragam program kesehatan untuk rejuvenasi atau kebugaran. Selama menginap, AlaCASA mengikuti sejumlah aktivitas kebugaran yang ditawarkan mulai dari Pilates dan yoga, pijat dan olahraga, perawatan dan terapi penyembuhan kuno. Bicara soal fasilitas, COMO Shambhala Estate memiliki 30 kamar suites dan villas yang terbagi menjadi beberapa bagian; 5 Residences, 5 Retreat Pool Villas, dan 4 Private Villas. AlaCASA mendiami kamar suite di dalam komplek Tirta-Ening yang bermakna air yang jernih. Bukan tanpa alasan komplek residensial ini dinamai Tirta-Ening karena memang semuanya memiliki elemen air.

Di tengah komplek residensial, terdapat infinity pool yang menghadap ke hamparan Hutan Payangan. AlaCASA sendiri menempati kamar yang terletak di ujung kanan komplek dengan sebuah kejutan di dalamnya; pemandian bergaya onsen Jepang sangat luas lengkap dengan hot jacuzzi serta air terjun alami dengan kolam jernih yang menghampar di halaman belakang suite.

Tirta Ening Terrace Suite

Teras di Wanakasa Residence

Setiap tamu yang menginap akan didampingi oleh seorang asisten pribadi untuk mencatat segala aktivitas wellness yang akan dilakukan di COMO Shambhala Estate. Seperti AlaCASA yang didampingi oleh Fuji selama berada di COMO Shambhala Estate. Para tamu dapat dengan mudah mengatur aktivitas yang ditawarkan Estate, mulai dari sesi yoga, perawatan spa, reservasi makan, hingga wisata lokal.



Sebagai tempat rejuvenasi di mana alam dan budaya berpadu, COMO Shambhala Estate juga merupakan rumah bagi 'The Source', mata air suci kuno yang terletak hanya beberapa langkah dari Sungai Ayung. Di mata air ini, AlaCASA merasakan pengalaman ritual pembersihan jiwa dan raga “Water Spring Blessing” dengan berpakaian tradisional Bali serta ditemani pemandu lokal dan pendeta setempat. Usai penyegaran jiwa melalui ritual pembersihan diri, AlaCASA menikmati beberapa natural pool yang berada di Kedara Water Garden dan ditutup dengan santap siang.

Kedara Water Garden

Yoga Pavillion

Dalam satu perbincangan bersama Gede Suteja selaku General Manager COMO Shambhala Estate, ia memaparkan, “Kami sangat senang akhirnya dapat menyambut tamu kami kembali ke retret kesehatan kami ini." “Setelah rehat sejenak, kami dengan gembira akhirnya bisa beroperasi kembali bagi para tamu yang mencari pengalaman kesehatan atau sekadar menghabiskan liburan mereka di lokasi yang penuh inspirasi ini.”, lanjutnya sembari menyeruput kopi hangat di Kudus House yang merupakan salah satu restoran di COMO Shambhala Estate. Life is good...


Foto: dok. COMO Shambhala Estate