Begitu masuk ke kamar tidur, rasanya tubuh ingin segera melepaskan diri dari stres yang dihadapi usai beraktivitas seharian. Walaupun demikian, tanpa disadari kamar tidur yang Anda tempati mungkin masih menerapkan elemen-elemen yang justru mengganggu istirahat dan secara tak langsung menciptakan stres pada tubuh.


Kesalahan tersebut bisa saja seperti kesalahan penempatan lighting, pemilihan bahan alas kasur yang kurang nyaman, menggunakan jenis kasur yang kurang tepat untuk badan, ataupun menerapkan kombinasi warna yang secara tidak langsung terus menerus menstimulasi indera tubuh sehingga gagal beristirahat.


Kamar tidur minimalis memiliki konsep sederhana namun mampu mengakomodasi keperluan istirahat secara fisik dan mental bagi penghuninya. Penerapan kombinasi yang tepat nantinya mampu menyegarkan kembali tubuh Anda, termasuk mengusir stres yang tiap hari dihadapi manusia. Simak ide kamar tidur minimalis ini demi mendapatkan istirahat optimal, stress free, dan kembali semangat untuk beraktivitas sehari-hari.



1. Sense of Calm

Warna-warna natural, seperti putih, putih gading, abu-abu muda atau krem akan memberi kesan lapang pada ruang tidur. It's fresh-looking. Walaupun demikian, Anda juga bisa terapkan satu warna aksen yang masih bersifat lembut seperti beige, sky blue, ataupun olive green sebagai highlight manis di kamar.


Dumbo Loft by Crystal Sinclair Designs / Seth Caplan


Baca juga, 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Namun Terasa Luas


2. Quality over Quantity

Jangan terlalu mudah tergoda membeli dekorasi harga murah dan justru investasi beli produk kamar tidur berkualitas baik termasuk untuk seprai, selimut, bantal, hingga karpet dengan kualitas terbaik. Contoh bahan bagus yang bisa Anda gunakan adalah fine cotton maupun linen.


Totum Project


3. Yang tipis-tipis saja

Dengan Indonesia beriklim tropis, pilih selimut berbahan lebih tipis seperti fine cotton yang tak hanya memberi efek minimalis yang menyenangkan namun juga menyejukkan ketika suasana semakin hangat.




Baca juga, Kamar Tidur Berukuran Sempit? Lakukan 6 Cara ini!


4. Permainan Tekstur

Pemilihan tekstur dianjurkan untuk gaya minimalis karena secara halus bisa mengelevasi tampilan ruang tidur Anda agar tidak menjenuhkan. Sebagai contoh, warna putih dihadirkan dengan dua wujud, yaitu dinding polos dan dinding bata.



Hana Lerner / Andre Nazareth




5. Elemen Kayu

Jika gemar menonton serial Korea, tentu tak jarang Anda melihat berbagai elemen kayu yang menghiasi sejumlah ruangan di serial tersebut. Elemen kayu mampu memberikan kesan hangat dan tenang yang bisa dihadirkan dalam wujud furnitur seperti kursi dan meja, hiasan dinding hingga ranjang.


85 Design / To Huu Dung


Baca juga, 15 Kombinasi Warna Cat Kamar Tidur


6. Penempatan Cermin

Untuk menciptakan dimensi yang lebih luas pada ruang tidur, atur posisi cermin dengan ukuran yang cukup besar pada sisi kanan ataupun kiri ranjang.




7. Indirect lighting

Kesalahan fatal di kamar tidur yang kerap mengganggu siklus istirahat tubuh adalah penempatan lampu di tengah ceiling dan berada tepat di atas tempat tidur. Posisi tersebut membuat mata cepat lelah dan terekspos dengan glare saat membuka mata. Sebaiknya terapkan indirect lighting misalnya saja menggunakan led strip di balik drop ceiling yang mengelilingi ruangan. Bisa pula dengan menyematkan led strip di balik bed head sehingga ciptakan suasana hangat tanpa menyerang mata secara langsung melalui sinar lampu.



Bezmirno Architects


8. Gorden polos floor-to-ceiling

Gunakan gorden tanpa motif dengan pilihan warna putih, abu-abu pucat, dan sejenisnya. Hindari pula menambahkan tirai pendek di atasnya karena dapat berkesan berlebihan di kamar tidur bergaya minimalis. Selain timeless, memilih gorden polos mampu menyuntikan cercah warna di kamar sembari memberikan ilusi ruangan yang tinggi sehingga terkesan lebih lega.


Flex.atelier / Minq Bui


Foto teaser: Julia Totoli / CoDA Arquitetos