Saat memilih warna cat untuk kamar tidur, Anda mungkin tergoda untuk mengecat seluruh ruangan dengan warna favorit. Tentu, tidak ada yang salah dengan hal itu.


Tetapi tanpa disadari, Anda mungkin bisa menciptakan suasana kamar yang kurang baik karena warna cat dinding yang Anda pilih untuk kamar tidur. Faktanya, setiap warna memiliki efek psikologisnya masing-masing. Ada warna-warna tertentu yang bisa memicu reaksi dalam tubuh yang mirip dengan respons stres. Namun, ada juga warna-warna tertentu yang justru bisa membuat tubuh merasa lebih rileks, tenang, dan positif. 


Menurut pakar warna dan desain, Hannah Yeo, "bukan hanya kasur, bantal, dan selimut saja yang bisa menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman dan menenangkan, warna cat dinding juga dapat berdampak besar pada keseluruhan suasana kamar tidur." 


Jadi, cobalah untuk mengecat ruangan dengan tujuh warna cat kamar tidur yang menenangkan berikut ini. Simak!


1. Lavender


(photo by goldalamode.co)


sama halnya dengan bunga lavender yang telah terbukti memiliki efek menenangkan yang sangat baik sekaligus bisa meningkatkan suasana hati, warna lavender juga dianggap sebagai warna cat kamar tidur yang bisa memberikan ketenangan dan memberi efek relaksasi. 


saat anda menggunakan warna lavender untuk warna cat kamar tidur, anda disarankan untuk memadukan dengan banyak warna netral atau warna feminin dan senada pada furnitur dan tekstil untuk mengimbangi tone dominan pada dinding.


keseluruhan nuansa kamar tidur dengan warna lavender ini jadi tampak lebih manis, lembut, dan calming saat disandingkan dengan bedding sheet dan furnitur warna putih dan rotan. 


2. peach


(photo by keely rust / abeautifulmess.com)


mengaplikasikan warna peach pada dinding dapat membantu memaksimalkan pencahayaan alami di kamar tidur. inilah yang dapat membuat anda merasa lebih nyaman dan tenang saat berada di dalam kamar. 


anda bisa mengaplikasikan warna peach pada keseluruhan dinding kamar tidur, dan gunakan bedding sheets berwarna senada. sebagai kontras, anda bisa menggunakan headboard berwarna emerald green bertekstur velvet yang terasa sangat luxurious, dan throw blanket berwarna terracotta


3. biru muda


(photo by destiny / justdestinymag.com) 


warna biru muda (light blue) dikenal memiliki efek relaksasi yang sangat sempurna untuk menciptakan suasana menenangkan pada kamar tidur. warna ini juga memiliki kekuatan luar biasa untuk membantu menenangkan pikiran, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan dan stres.


warna light blue ini akan terlihat sangat lembut dan menenangkan saat dipadukan dengan warna putih pada furnitur dan tekstil. beri sedikit sentuhan warna feminin seperti dusty peach pada gorden dan aksen emas pada lampu gantung dan hiasan dinding. 




4. teal


(photo by threebirdsrenovations.com)


teal adalah salah satu warna populer dalam desain interior mid-century modern. perpaduan shades biru dan hijau dalam warna teal bisa mendorong suasana hati yang lebih baik dan tenang. 


pada kamar tidur, anda bisa menggabungkan warna teal dengan warna putih dan hitam. ketiga warna ini akan sangat sempurna saat disandingkan satu sama lain. cat dinding kamar tidur dengan warna teal, lalu gunakan warna putih pada ceiling, gorden, dan tempat tidur. masukkan warna hitam sebagai aksen pada lampu gantung minimalis dan french door di kamar tidur anda. 


5. putih klasik


(photo by joe fletcher (@joefletcherphoto) / arsitektur: red dot studio (@reddotstudio))


tidak ada yang bisa memberikan kesan clean, menenangkan, dan menyegarkan lebih baik daripada warna putih klasik. mengecat dinding kamar tidur dengan warna putih dapat membantu memaksimalkan natural light yang masuk ke dalam ruangan. inilah yang bisa membuat anda merasa nyaman dan tenang di dalam kamar tidur. 


6. soft green


(photo by jen / @crack_the_shutters on instagram)


soft green adalah pilihan warna cat kamar tidur yang bisa menciptakan suasana nyaman dan menenangkan. satu studi telah mengungkapkan bahwa, berada di lingkungan berwarna hijau mampu menginduksi penurunan yang signifikan pada detak jantung dan memberi efek menenangkan. inilah yang bisa membuat anda merasa nyaman dan tenang saat berada di kamar tidur. 


7. soft gray


(Photo by Rei Moon / thenordroom.com)


Satu lagi, warna cat yang bisa memberikan suasana menenangkan pada kamar tidur yaitu soft gray. Kebanyakan orang mungkin menganggap warna soft gray ini sebagai warna yang membosankan dan sedikit “depressing”. Namun sebenarnya, warna soft gray ini bisa menciptakan suasana kamar tidur yang menenangkan, menyejukkan, dan santai. 


Anda mungkin tidak pernah berpikir bahwa soft gray akan sangat cocok dengan warna gold dan pink. Padahal, warna abu-abu pada dinding kamar tidur memberikan latar belakang yang lembut, terasa friendly dan hospitable untuk aksen emas dan merah muda.