Sebagian besar dari Anda mungkin tahu kalau saffron dan caviar adalah dua bahan makanan termahal di dunia. Tetapi ternyata, ada beberapa bahan makanan lainnya yang juga terbilang paling mahal di dunia. Penasaran apa saja bahan makanan termahal di dunia? Ini daftar lengkapnya!


1. White Truffle


(Photo by @urbanitruffles / Instagram)


Jika black truffle saja sudah memiliki harga yang sangat fantastis, white truffle mempunyai harga yang jauh lebih fantastis. White truffle adalah salah satu bahan makanan paling mahal di dunia, berkisar antara $4.000 hingga $10.000, atau sekitar 62 juta rupiah hingga 156 juta rupiah untuk 450 gram. 


2. Daging sapi wagyu


Dibandingkan jenis daging sapi lainnya, daging sapi wagyu memiliki harga yang jauh berkali-kali lipatnya. Ini membuatnya menjadi jenis daging sapi termahal di dunia. Untuk daging sapi wagyu seberat 450 gram saja dijual dengan harga $200 atau sekitar 3,1 juta rupiah. 


Tekstur daging sapi wagyu memang terkenal lebih empuk, lebih lezat dengan rasa yang kuat, dan lebih juicier daripada jenis daging sapi lainnya yang tersedia. 


Daging sapi wagyu dihasilkan dari empat ras sapi terbaik di Jepang, yaitu Japanese Black, Japanese Polled, Japanese Shorthorn, dan Japanese Brown, yang dipelihara dengan pemeliharaan dan lingkungan peternakan super ketat dan terbaik, sehingga bisa menghasilkan daging sapi berkualitas tinggi. Jadi tak heran jika daging sapi wagyu dihargai sangat mahal. 


3. Saffron


(Photo by Syed F Hashemi on Unsplash)


Sudah sejak lama, saffron dilabeli sebagai bahan makanan termahal di dunia, bahkan sering dijuluki sebagai ‘Red Gold’ karena warnanya dan fakta bahwa harganya lebih mahal dari emas. Untuk 450 gram saffron saja bisa dihargai lebih dari $9.000, atau sekitar 133 juta rupiah. 


Alasan utama saffron memiliki harga yang sangat mahal adalah karena bunga Crocus, asal saffron, hanya dapat dipetik beberapa minggu dalam setahun di musim gugur. Serta, memanen saffron membutuhkan banyak kerja keras. 


4. Caviar


(Photo by Rachel Claire on Pexels)


Ini tidak akan menjadi daftar makanan termahal tanpa Caviar, bukan? Caviar adalah salah satu bahan makanan paling mahal di dunia, bahkan telah menjadi makanan mewah selama beberapa dekade terakhir. Harga caviar per kilogram bisa mencapai lebih dari 500 juta rupiah. Satu alasan utama mengapa caviar memiliki harga yang sangat mahal adalah karena ketersediannya yang cukup terbatas. 


5. Tiram


(Photo by cottonbro studio on Pexels)


Dulu, tiram sangat populer di kalangan masyarakat kelas bawah karena ketersediaannya yang melimpah dan dijual dengan harga sangat murah. Namun, penangkapan tiram yang berlebihan telah mengurangi populasinya secara signifikan. Ditambah, tiram membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh menjadi ukuran penuh (full size). Akibatnya, tiram menjadi sulit untuk didapatkan dan harga jualnya pun meningkat. Inilah yang membuatn tiram masuk ke dalam salah satu daftar makanan mewah di dunia. Untuk satu pack berisi 12 tiram biasanya dihargai $50 hingga $100, atau sekitar 750 ribu rupiah hingga 1,5 juta rupiah. 


6. Iberico Ham


(Photo by @txokojakarta / Instagram)




Bahan makanan termahal di dunia berikutnya yaitu Iberico ham yang berasal dari Spanyol. Iberico ham diambil dari kaki belakang babi hitam yang terkenal kelezatannya—banyak orang yang bahkan rela bepergian ke Spanyol hanya untuk mencicipi Iberico ham. 


Ada dua alasan mengapa Iberico ham mempunyai harga sangat mahal. Pertama, Anda hanya bisa mendapatkan kelezatan sejati dari babi hitam ini di Spanyol. Kedua, Iberico ham perlu diawetkan selama 24 hingga 36 bulan sebelum benar-benar bisa dikonsumsi. Pada akhir proses pengawetan, Iberico ham bisa bernilai hingga $500 per kilogram, atau sekitar 7,8 juta rupiah. 


7. Tuna Sirip Biru (Bluefin Tuna)


(Photo by @toyosuomakase / Instagram)


Selain daging sapi wagyu, Jepang juga terkenal dengan tuna sirip biru yang sering menduduki posisi teratas sebagai makanan laut termahal di dunia. Bukan tanpa alasan, populasi tuna sirip biru yang sudah semakin sedikit dan kelezatan rasanya yang tak tertandingi —memiliki tekstur meaty dan keseimbangan rasa yang pas —membuatnya pantas dijual dengan harga yang sangat mahal. 


Tuna sirip biru dari Jepang seberat 450 gram harganya bisa mencapai $3000, atau sekitar 46 juta rupiah. Bahkan, tuna sirip biru seberat 270 kilogram pernah terjual seharga $1,8 juta, atau sekitar 28 milyar rupiah.


8. Vanila Madagaskar


Secara khusus, vanila Madagaskar termasuk bahan makanan termahal di dunia. Ini karena, vanila Madagaskar mengandung satu hingga dua persen vanila, jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan jenis vanila lainnya. Vanila jenis ini bisa dihargai hingga 9 juta rupiah per setengah kilogram. 


Alasan utama vanila Madagaskar memiliki harga yang lebih mahal adalah karena proses pengambilan ekstraknya yang tidak gampang, yakni harus dilakukan dengan tangan dan bunga vanili hanya bisa dipanen satu hari dalam satu tahun. Ditambah lagi penurunan populasi biji vanili di Madagaskar yang menjadi alasan lain vanilla jenis ini dijual dengan harga yang sangat mahal. 


9. Jamur Matsutake


Jepang juga punya jamur matsutake yang jadi bahan makanan termahal di dunia berikutnya. Jenis jamur Matsutake memiliki harga yang terbilang cukup mahal, untuk setengah kilogram jamur Matsutake saja bisa dijual dengan harga lebih dari 15 juta rupiah. 


Alasan harga jamur Matsutake dihargai cukup mahal adalah karena ketersediannya yang terbatas. Petani jamur Matsutake hanya boleh memanen jenis jamur ini setahun sekali untuk menghindari kepunahan spesies. Itu menyebabkan hasil panen tahunannya kurang dari 1000 kilogram untuk dikirim ke seluruh dunia. 


10. Emas yang bisa dimakan (Edible Gold)


(Photo by @goldchef.manetti / Instagram)


Sesuai namanya, edible gold adalah jenis emas murni yang tidak berbahaya dan aman untuk dikonsumsi. Biasanya, Anda dapat menemukannya sebagai sebagai hiasan pada es krim atau desert mewah di restoran kelas atas. Tekstur edible gold yang lunak dan tipis bisa membuatnya dengan mudah melewati sistem pencernaan tubuh. Untuk 1 gram edible gold yang bisa dimakan ini dihargai sekitar 2 - 2,5 juta rupiah.