Bagi sebagian orang yang memilih tinggal di lahan luas maupun kecil, pilihan rumah berukuran vertikal menjadi tren dalam membangun rumah. Lahan dibawah 500 meter persegi menjadi pilihan kaum milenial karena pertimbangan dari harga yang terjangkau dan berada di tengah Jakarta. Pilihan untuk mengakalkan rumah terasa luas dengan sirkulasi udara yang baik salah satunya dengan cara membangun atap tinggi. 



Terlebih rumah yang saling berdempatan memberikan ruang terasa lebih panas, berikut tips yang bisa dilakukan saat memiliki rumah kecil untuk memberi kesan luas dan sehat. 


1. Ceiling Cathedral

Langit atap ini menyerupai bentuk gereja dan katedral sesuai namanya, yang terdiri dari dua sisi miring yang bertemu di satu titik. Arsitektur seperti ini secara estetika sangat klasik namun cocok untuk bangunan di Indonesia karena sejenis dengan atap rumah tropis. 




berbeda dengan ceiling datar, desain langit-langit tinggi seperti ini akan menghemat ruang dan penempatan lampu akan semakin terang. ternyata dibalik langit-langit tinggi dapat meningkatkan kreativitas dan fokus bagi manusia yang berada di ruangan tersebut.


baca juga, punya rumah kecil 6 produk untuk solusi ruang terbatas




2. void 

menambahkan bagian kecil pada rumah dapat memberikan suasana berbeda, memberikan kelebihan pada sirkulasi udara lebih lancar dan pencahyaan alami masuk ke sela rumah. 




selain itu konsep open space semakin digandrungi, pilihan yang tepat untuk penghuni rumah memanfaatkan area void dengan taman mini indoor ataupun ruang santai yang dibangun dari beton. 


3. rumah tanpa sekat 

menghilangkan sekat antar ruangan akan memudahkan penghuni untuk mobilitas dan aman untuk menggabungkan beberapa ruang seperti ruang keluarga dan dapur. untuk pilihan jenis pintu kamar mandi dapat memilih barn door. modelnya yang yang di dorong dapat mengurangi pemborosan ruang.




Sumber teaser: Onnis Luque
Teks oleh: Nadia DIan Zahrani