Penggunaan railing tangga atau pegangan tangga menjadi satu elemen penting yang tidak boleh dilupakan. Itu bisa berfungsi sebagai fitur keamanan untuk mencegah Anda atau anggota keluarga lainnya terjatuh, sekaligus bisa dijadikan pegangan saat menaiki atau menuruni tangga. Serta, bisa meningkatkan daya tarik visual pada keseluruhan desain interior rumah Anda. 


Ada beberapa ide model railing tangga yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk tangga di rumah. Simak inspirasinya!


1. Railing Tangga Sculpture


(Photo by @richardpowersphoto / Design by @jeromepereirasculpture dan @karamanndesign)


Ini adalah model railing tangga bergaya kontemporer karya Jerome Pereira dan Kara Mann. Desain railing ini menampilkan tembok putih yang tampak seperti dipahat membentuk lengkukan cantik mengikuti kontur tangga rumah dari lantai bawah ke lantai atas. 


2. Railing Tangga dengan Fishnet


Membuat lantai mezzanine di kamar anak sebagai area tambahan, mengharuskan Anda untuk lebih ekstra dalam memastikan keselamatan anak saat bermain atau beraktivitas di kamarnya sendiri. Untuk itu, pada bagian pegangan tangga yang menghubungkan area bawah kamar dengan lantai mezzanine, coba gunakan fishnet atau jala yang dipasangkan pada rangka baja. 


Selain menambah fitur keamanan pada tangga, penggunaan fishnet pada railing tangga ini juga bisa meningkatkan daya tarik visual kamar—sangat kental dengan gaya maritim. 


3. Railing Tangga Dari Logam berbentuk Persegi


(Photo & Design by Zed Works / zedworks.co)


Sebuah perusahaan metalwork yang berbasis di London, Zed Works, merancang desain railing tangga dari logam yang dibentuk persegi. Model railing tangga ini menampilkan serangkaian logam berbentuk persegi yang digabungkan, yang menciptakan railing tangga unik dan sangat menawan. Pada bagian bawahnya, bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan ekstra untuk koleksi buku-buku dan ornamen dekorasi. 


4. Railing Tangga Kaca


(Photo by @MattClaytonPhoto / Design by Scenario House @scenario_architecture)


Jika Anda ingin desain railing tangga yang lebih minimalis, modern, dan clean, Anda bisa memilih railing tangga kaca tanpa bingkai atau handrail seperti ini. Plus, ini juga bisa menciptakan ilusi ruang yang lebih luas dan lapang. 




5. Railing Tangga Menggunakan Tali


(Photo by: Marcelo Donadussi / Design by: Oficina Conceito Arquitetura)


Ini adalah model railing tangga minimalis yang memanfaatkan beberapa tali yang digantung secara vertikal dan satu sisinya dikaitkan pada bagian plafon dan satu sisi lainnya pada bagian bawah tangga. 


6. Railing Tangga Baja Melingkar


(Photo & Design by @cousinsandcousins)


Menggunakan material baja yang dibuat melingkar mengikuti bentuk tangga sebagai railing, itu bisa menambah daya tarik visual yang sangat menawan pada rumah Anda. Model railing tangga seperti ini juga tampak lebih kokoh dan aman, sekaligus bisa menjadi focal point di rumah Anda. 


7. Railing Tangga Metal Dan Sclupture


(Photo by @mattclaytonphoto / Design by Scenario Architecture @scenario_architecture on Instagram)


Menggabungkan railing tangga metal berwarna hitam di satu sisi dan railing tangga sclupture di sisi lainnya, serta penggunaan material kayu pada bagian tread tangga, menciptakan kesan kontemporer minimalis yang unik. 






(Teaser photo by @mattclaytonphoto / Design by Scenario Architecture @scenario_architecture on Instagram)