Apakah Anda baru saja pindah rumah dan ingin membeli kulkas baru? Atau mungkin kulkas Anda sudah lama rusak dan ingin tampilan yang lebih segar?



kebimbangan saat memilih kulkas sering terjadi dengan banyak pertimbangan, mulai dari harga, kapasitas, konsumsi listrik, ukuran hingga model desain. karena orang dewasa ini, kulkas sudah semakin dijadikan sebagai elemen interior di dapur atau ruang makan.




di setiap rumah pasti memiliki kulkas atau lemari es sebagai tempat penyimpanan agar bahan makanan, minuman, dan olahannya dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan pada suhu ruangan. namun sering kali, makanan dan minuman yang disimpan di kulkas sudah tidak layak dikonsumsi pada waktu yang lebih cepat dari perkiraan kita. jangan-jangan, cara penyelesaian yang kurang tepat menjadi kewajiban.


bersama chef devina hermawan, alacasa akan berbagi tips cara memilih kulkas yang tepat dan juga trik menyimpan bahan makanan khas indonesia dengan cermat agar tetap segar dalam waktu lebih lama.




1. jangan asal menempatkan makanan 

seringkah anda belanja bahan makanan sekaligus di awal bulan agar tidak harus bolak balik ke supermarket? jika ya, anda harus menyimpannya dengan benar agar tidak berbahan dasar atau terkontaminasi, misalnya seperti daging mentah, unggas, dan makanan laut yang harus disimpan di tempat khusus atau wadah kedap udara agar mencegah bahaya silang dengan bahan makanan lain.




jenis makanan ini bisa disimpan di freezer supaya tahan lebih lama. bahan segar seperti sayuran dan buah perlu dijaga selalu dalam keadaan kering dan ditempatkan dalam wadah khusus supaya tidak cepat diletakkan. sementara makanan sisa atau yang kemasannya sudah terbuka, perlu juga disimpan dalam wadah kedap udara atau dibungkus rapat agar tahan lama dan aromanya tidak menyebar.


alacasa punya rekomendasi yang tepat karena menyimpan bahan makanan yang membutuhkan perlakuan khusus, terutama yang berkaitan dengan pengaturan suhu tertentu. samsung electronics indonesia, resmi meluncurkan kulkas 'kulkas ungkep', berupa top-mounted freezer (tmf) atau kulkas dua pintu. kulkas samsung tmf memiliki kompartemen khusus yang disebut optimal fresh+ yang terletak di bagian atas kulkas dengan  empat mode pendinginan sehingga anda dapat menyimpan aneka bahan makanan lain sesuai keperluannya. 


2. rekomendasi suhu kulkas sesuai jenis makanan 

berkat kecanggihan samsung, 'kulkas ungkep' ini punya fitur all-around cooling yaitu f itur pendinginan ini akan mendinginkan bagian dalam lemari es secara menyeluruh. teknologi ini mensirkulasikan udara dingin secara menyeluruh melalui saluran udara yang ditempatkan pada posisi strategis di lemari es. dengan cara ini, setiap bahan makanan yang ada di dalam rak maupun yang ditempatkan dalam wadah, akan mendapatkan suhu yang optimal.




selain itu kulkas juga punya beberapa mode di optimal fresh+. soft freeze mode cocok untuk menyimpan makanan ungkep, daging, ayam, ikan, dan bahan makanan lain pada suhu -40c, sehingga bahan makanan bisa disimpan lebih lama tanpa menjadi beku, sehingga siap masak kapan saja, tanpa proses defrost. 






sedangkan bagi yang suka masak daging dan ikan, ada mode meat & fish yang memberikan kesegaran yang tahan lebih lama dibandingkan penyimpanan pada refrigerator pada suhu dingin atau chilled di -10c.




bagi anda yang punya anak kecil, tentu kulkas anda akan dipenuhi dengan susu, yoghurt atau keju. kompartemen dengan refrigerator mode ini akan berada dalam suhu 30c. mode terakhir adalah mode power cool yang dapat mendinginkan minuman dua kali lebih cepat dibandingkan lemari es. 


3. pilih kulkas berkapasitas besar namun ramping


chef devina menyukai kulkas yang memiliki kapasitas besar dan ia memilih koleksi samsung teranyar ini. kulkas ini dirancang dengan teknologi spacemaxtm, yang memberikan ruang penyimpanan internal hingga 20 liter lebih besar, tanpa memengaruhi dimensi di luar kulkas. rahasianya terletak pada dinding kulkas yang menggunakan bahan insulasi spesial urethane dengan efisiensi tinggi sehingga dinding kulkas bisa dirancang lebih tipis.



'kulkas ungkep' dua pintu tersedia dalam 5 pilihan kapasitas (dalam liter nett): rt31 (305 liter), rt35 (348 liter), rt38 (393 liter), rt42 (415 liter) dan rt47 (465 liter) mulai dari harga rp7 .199.000. varian bespoke tersedia dalam 4 kapasitas rt35 (348 liter), rt38 (393 liter), rt42 (415 liter) dan rt47 (465 liter) mulai dari harga rp8.699.000. 


kulkas ungkep dengan desain bespoke yang unik dan stylish, yang dapat mempercantik interior dapur anda. selain itu kami juga menghadirkan kulkas ungkep dengan pilihan warna black dan silver. keduanya cocok bagi keluarga yang mencari kulkas dengan kapasitas lebih besar tapi tidak menambah ukuran dimensi luar, punya performa pendinginan yang optimal untuk menjaga kesegaran makanan lebih lama dan tetap hemat energi


4. hemat listrik itu penting

untuk memudahkan konsumen memonitor konsumsi energi kulkas, model 'kulkas ungkep' samsung bespoke dapat dihubungkan ke aplikasi smartthings yang ada di smartphone. smartthings punya fitur ai energy mode yang akan membaca pola pemakaian kulkas, seperti berapa kali dan berapa lama pintu kulkas dibuka.



keuntungannya konsumen bisa menghemat biaya listrik, sebab dengan fitur ini, kulkas akan menjaga kestabilan suhu dengan kompresor yang bekerja lebih optimal. smartthings ai energi mode akan mengidentifikasi penggunaan listrik di kulkas dan memperkirakan biayanya. lalu ia akan mengirimkan notifikasi bila penggunaan listrik di kulkas sudah melebihi batas penggunaan pada umumnya.  




Jadi sudah tahu kulkas apa yang akan Anda pilih? 'Kulkas Ungkep' BESPOKE tersedia dalam 3 pilihan warna: Clean Vanilla + Clean Peach, Clean White + Clean Pink, dan Clean White + Clean Navy. 'Kulkas Ungkep' dapat dibeli di toko online Samsung.com/id, dan konsumen dapat memperoleh cashback langsung Rp 500.000 untuk pemesanan 'Kulkas Ungkep' dan cashback langsung Rp 800.000 untuk pemesanan 'Kulkas Ungkep' BESPOKE pada periode 29 Mei – 13 Juli.


Sumber foto: Samsung