Terletak di kawasan Barangaroo Selatan, terdapat International House Sydney (IHS) yang dinobatkan sebagai gedung komersial modern pertama dan tertinggi di dunia yang diselimuti oleh material timber



Dikelilingi oleh bangunan bermaterial beton dan kaca, IHS menjadi bangunan ikonis yang tampil hangat menyambut setiap orang yang melewati Sussex Street.




IHS yang sering disebut dengan gedung Barangaroo C2 telah berdiri rapi sejak bulan April 2017.


Melanjutkan kesuksesan metode mutakhir ini, Tzannes dan Lendlease Building kembali bekerja sama untuk mendirikan Barangaroo C1.


Bangunan seluas 11.250 meter persegi ini akan berdiri bersebelahan dengan Barangaroo C2 dan proses pembangunannya baru dimulai.



Karakter rancangan dari Tzannes, biro arsitek asal Australia, adalah penggunaan material beton dan kaca, maka bangunan timber pertamanya ini adalah sebuah tantangan dan jawaban untuk dunia konstruksi di masa depan. 



International House Sydney adalah contoh arsitektur yang secara signifikan mengurangi dampak negatif untuk sebuah lingkungan binaan.


Bangunan ini menyediakan penyimpanan karbon yang berkelanjutan dan menghindari pelepasan gas rumah kaca yang biasa melekat pada pembuatan beton dan baja,” papar Jonathan Evans selaku Design Directors Tzannes untuk perancangan bangunan seluas 7.920 meter persegi ini.



Di era tahun 1900-an, dermaga dan bangunan di Barangaroo menggunakan kayu solid.






Sebagian tiang jembatan di dermaga yang telah berumur lebih dari seratus tahun itu didaur ulang dan digunakan di gedung setinggi enam lantai ini.




Lebih dari 3.500 meter kubik, cross laminated timber (CLT) tanpa finishing digunakan sebagai struktur utama dan elemen bangunan IHS.




Produksi timber ini zero waste dan diambil dari sustainable forest. Bereaksi selayaknya pohon hidup yang melindungi inti dalamnya dari api saat terbakar, sebanyak 1.750 potongan kayu yang dipakai di IHS ini telah diuji ketahanannya di laboratorium. 



IHS menggunakan 350 panel tata surya sebagai sebagian sumber listriknya, chiled beams sebagai pendingin ruangan, serta recycled water usage.




Berkat desain yang sustainable, IHS telah memenangkan penghargaan Australian Timber Design Awards 2017, Chicago Athenaeum and the European Centre for Architecture and Design 2017, dan memperoleh enam bintang dari Green Star World Leadership untuk sustainability rating system. 


Follow instagram @casaindonesia untuk menemukan inspirasi desain dan tempat-tempat terbaru.


Sumber foto: The Guthrie Projects / courtesy of Tzannes, Lendlease Building, WoodSolutions, Geberit