Pemikiran bahwa kamar anak perempuan musti menggunakan warna pink tampaknya sudah tidak terlalu relevan terhadap tren desain masa kini. Dikarenakan anak perempuan bisa saja memilih warna selain merah muda sebagai warna kesukaannya. Pilihan bisa ditentukan berdasarkan kepribadian, hobi, maupun kesukaan sang anak. Maka dari itu, coba hilangkan dahulu persepsi lama ini sebelum mulai merancang kamar untuk anak perempuan Anda.

Penggunaan palet warna natural kerap menjadi pilihan saat ini dalam membangun kamar anak perempuan yang timeless. Manfaatnya adalah memudahkan Anda saat ingin mengganti atau menambah dekorasi interior di kamar sesuai kebutuhan pada masa tumbuh kembang anak.




Namun, terlepas dari segala pertimbangan dan persepsi sebelumnya, jangan lupa untuk mengikutsertakan pendapat si buah hati sebelum memutuskan desain yang final. Mungkin saja, anak Anda memiliki opini tersendiri, terutama bagi yang tengah beranjak remaja ataupun dewasa. Lalu, jika desain kamar anak perempuan tak musti serba pink melulu, desain seperti apa sajakah yang bisa Anda terapkan?


Wallpaper Bermotif

Tidur anak tampaknya akan semakin lelap jika bisa berbaring di bawah kerlip bintang di angkasa. Triknya adalah menerapkan wallpaper bergambar langit malam pada dinding serta disambungkan pada ceiling tepat di atas tempat tidur. Wallpaper ini cukup diterapkan di sebagian ruangan saja agar menghindari kesan ruang yang terlalu gelap. Pemilihan gambar ini pasti disukai bagi anak penggemar astronomi.


Tak Musti Pink Melulu! 6 Desain Kamar Anak Perempuan 1

@effe_interiores


Jika kamar anak relatif berukuran kecil, saatnya lebih kreatif dalam mengakali atau menyediakan ruang penyimpanan. Salah satu siasatnya adalah membuat laci di bagian bawah tidur yang dapat digunakan untuk menyimpan pakaian anak.


Sedangkan untuk di area meja belajar, kombinasi lemari kabinet di bawah meja dan rak gantung bisa menjadi solusi di kamar kecil. Karena diletakkan pada sisi atas dinding kamar yang mungil, rak gantung tipe terbuka lebih tepat digunakan agar ruang tidak terasa sumpek. Lalu, layar komputer ataupun televisi bisa Anda tempel saja pada dinding, sehingga memberikan ruang yang lebih leluasa untuk alat tulis dan gadget saat belajar di meja belajar.


Tak Musti Pink Melulu! 6 Desain Kamar Anak Perempuan 2

@effe_interiores


Makin Enerjik dengan Area Bermain

Ruang kamar bisa berfungsi sebagai tempat beristirahat sekaligus merangkap sebagai ruang bermain. Contoh yang bisa diterapkan adalah penggunaan bunk bed dilengkapi dengan akses tangga yang menuntun anak lebih aktif bergerak. Selain itu, sudut ruang bisa disulap menjadi arena indoor climbing menggunakan batu rock climbing yang sebenarnya terbuat dari plastik sehingga tetap aman dipegang oleh anak Anda.


Walaupun demikian, extra precaution tetap musti dilakukan dengan menaruh permukaan bantal di area bermain. Begitu pula karpet yang menutupi seluruh permukaan lantai kamar sehingga lantai kamar terasa lebih empuk dan aman saat beraktivitas.


Tak Musti Pink Melulu! 6 Desain Kamar Anak Perempuan 3

@julianafranco.arq


Demi memberikan ruang gerak yang leluasa bagi anak yang aktif, Anda dapat menyediakan meja belajar berserta kursi lepasan yang nantinya bisa disimpan di bawah meja TV. Dengan demikian, tak perlu khawatir si kecil menabrak atau terhalang oleh kursi saat ia mencoba beragam permainan di ruangannya. Siasat ini bisa diterapkan bagi anak hingga jenjang 3 atau 4 SD karena mereka cenderung tidak membutuhkan meja belajar yang terlalu besar.


Tak Musti Pink Melulu! 6 Desain Kamar Anak Perempuan 4

@julianafranco.arq


Desain yang Timeless

Warna-warna pastel seperti turquoise dan merah muda akan terlihat indah saat dikombinasikan bersama warna lembut seperti krem atau abu-abu. Yang tercipta adalah kamar anak perempuan berkesan timeless yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Mewadahi kegiatan belajarnya, Anda bisa membuat meja belajar terbuat dari lemari atau rak gantung di samping tempat tidur. Ide seperti ini membuat Anda bisa memanfaatkan permukaan rak gantung tertutup sebagai meja belajar pula. Dengan demikian, lebih menghemat budget ketimbang membeli dua furnitur terpisah. Selain itu, laci pada rak gantung ini mampu menyimpan stationary dan mudah dijangkau saat duduk di meja ini.


Tak Musti Pink Melulu! 6 Desain Kamar Anak Perempuan 5

@julianafranco.arq


Baca juga, Gemas! 27 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan


Gray is Cute too!

Cat dinding warna abu-abu seperti Silver Quill dalam palet warna Trust dari Dulux ternyata mampu menciptakan kesan ruangan yang lembut saat disandingkan dengan warna putih. Lalu, isi ruangan dengan furnitur serba putih dan lantai kayu guna menyuntikkan kehangatan. Menimbang keperluan penyimpanan yang banyak untuk barang-barang sang anak, Anda dapat memilih tempat tidur yang dilengkapi dengan laci beberapa tingkat di bagian bawahnya.



Ini membuat tempat tidur menjadi lebih tinggi daripada tinggi normal. Maka dari itu, perlu dipasang pagar tempat tidur yang dapat digeser ke bawah. Dengan demikian anak tetap aman saat berbaring, namun tetap memudahkan orang tua saat ingin menggendongnya dari tempat tidur.


Tak Musti Pink Melulu! 6 Desain Kamar Anak Perempuan 6

@julianafranco.arq


Sentuhan Biru

Kamar terlihat menggemaskan saat Anda menerapkan panel dinding dengan tinggi setengah dari dinding kamar. Pada bagian atas panel yang menjorok keluar dapat dipasang LED strip sebagai indirect lighting di kamar. Pada malam hari, cahaya inilah yang digunakan untuk menemani tidur sang anak tanpa menciptakan glare berlebihan dan mengganggu istirahat.


Tak Musti Pink Melulu! 6 Desain Kamar Anak Perempuan 7

@julianafranco.arq


Jika memasang rak gantung di atas tempat tidur, sebaiknya digunakan untuk menaruh mainan atau barang yang ringan dan lembut. Contohnya saja boneka ataupun book cushion sehingga tidak membahayakan sang anak saat sedang berada di tempat tidur. Untuk menemani meja belajar, kursi dengan sandaran lucu seperti motif mickey mouse akan lebih menarik perhatian si anak perempuan ketimbang kursi kerja dewasa yang berkesan formal. Selain itu, sebaiknya hindari menaruh terlalu banyak aksesori ataupun dekorasi di atas meja belajar agar anak Anda tidak mudah terdistraksi saat belajar. 


Tak Musti Pink Melulu! 6 Desain Kamar Anak Perempuan 8

@julianafranco.arq


Selain pada panel dinding, kamar anak terlihat gemas saat dipasang lemari barang dengan kombinasi warna biru muda dan oak timber. Keduanya menciptakan kombinasi warna yang lembut serta menyuntikkan kesan luas di ruang kamar anak yang berukuran relatif kecil. 


Baca juga, Lampu Estetik Favorit Idol Korea Rose Blackpink


Lampu Neon Kekinian

Elemen kekinian seperti tulisan terbuat dari lampu neon membuat kamar anak perempuan terlihat lebih cool dan stylish. Dengan mendesain elemen interior bernuansa natural dengan palet warna lembut di sekitarnya, lampu yang diletakkan di atas tempat tidur semakin terlihat lebih menonjol dan menjadi poin menarik di kamar milik anak.

Elemen natural direpresentasikan dengan dinding bermotif bata warna putih yang dapat Anda buat dengan menggunakan bata tempel, wallpaper, ataupun memang sengaja membuat dinding unfinished saat proses konstruksi. Di masa kini, tempat tidur tak harus menggunakan frame dan bed head khusus. Kerangka di bawah kasur justru terbuat dari susunan kayu dengan ruang menaruh barang di salah satu sisinya. 

Tak Musti Pink Melulu! 6 Desain Kamar Anak Perempuan
@julianafranco.arq


Mengedepankan desain sederhana namun tepat guna, meja belajar dibuat gantung sehingga memberikan visual yang lega di bagian bawahnya. Lampu belajar pun tak harus berukuran besar, cukup dengan fixture yang kecil sebagai sumber penerangan saat ingin fokus belajar. Dengan gaya yang simple, meja belajar dapat beralih fungsi menjadi meja rias dan hanya perlu Anda tambahkan cermin di atasnya. Lagi pula, elemen interior ini banyak diperlukan bagi anak perempuan terutama saat mereka perlu bersolek.


Foto teaser: Dulux seri Brave Ground