Masyarakat kini mulai terbiasa dengan aktivitas kerja Work From Home (WFO) atau Work From Office (WFO). Namun bagi sebagian orang, beraktivitas kembali ke kantor masih dianggap mengkhawatirkan karena berada di ruang tertutup dengan durasi yang lama. Pemikiran tersebut rupanya juga ditanggapi oleh Vitra, merek furnitur legendaris asal Swiss. Vitra baru-baru ini meluncurkan konsep ruang kantor baru yang dinamai "Club Office" di kantor pusatnya di Birsfelden, Swiss. Lingkungan kolaboratif dirancang untuk menunjukkan bagaimana kantor modern mampu beradaptasi utnuk mengakomodasi kehidupan di dalam kantor di masa pandemi sehingga nyaman dan menyenangkan.


ruang kantor dibagi menjadi area kerja publik, semi-publik, dan pribadi, dan memungkinkan staf untuk merasa terhubung dengan seluruh tim yang lebih besar sambil tetap menjaga jarak dengan aman. konsep baru ini dimaksudkan untuk memperbaiki bilik yang padat dan meja panjang untuk area umum yang ingin diadopsi ruang kantor sebelum pandemi. kehadiran "club office" oleh vitra ini sekaligus sebagai ruang contoh bagi perkantoran yang ingin mengadaptasi ruang kerja yang aman dan nyaman di masa pandemi. vitra menawarkan ide pemisahan dan keterlibatan komunal yang tetap terkoneksi dalam ruang sebagai wujud ruang kantor di masa depan.

“bagi mereka yang memilih atau diharuskan untuk terus bekerja di kantor selama masa pandemi merupakan aset berharga bagi perusahaan yang harus kita hargai dengan konsep ruang yang aman bagi kesehatan” kata ceo vitra, nora fehlbaum. dalam office club tersebut vitra meluncurkan beberapa koleksi seperti  sistem sofa ergonomis modular oleh edward barber dan jay osgerby, serta sofa ceruk plus yang dibuat oleh ronan dan erwan bouroullec.


Area pada ruang kantor juga bisa disekat oleh serangkaian dinding fleksibel, yang dapat membantu dalam jarak dekat untuk mengisolasi kebiasaan kerja dan menjaga pedoman protokol kesehatan di masa pandemi.

Foto: dok. Vitra