Di beberapa kota atau negara, keberadaan menara sebagai bangunan dengan struktur tinggi dan arsitektur yang memukau berdiri tegak menjadi suatu landmark kota atau negara. Hal ini tentu saja bisa menjadi spot foto menarik bagi para turis, terutama pelancong internasional. 


Berikut ini 7 menara tertinggi di dunia. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja intip di bawah ini!


Tokyo Skytree (Tokyo)

Menara tertinggi di dunia

(Photo by @kiyoka_tokyo on @tokyoskytree_official Instagram)


Tokyo Skytree merupakan menara tertinggi di dunia yang berfungsi sebagai menara penyiaran, observasi, dan restoran di Sumida, Tokyo. Menara ini mulai dibangun pada tahun 2008 dan selesai pada tahun 2012 dengan tinggi 634 meter dengan struktur yang dibuat menggunakan rangka baja. 


Pada malam hari, menara ini dihiasi dengan lampu-lampu cantik dengan pola pencahayaan bergantian antara tiga warna berbeda setiap dua hari sekali, yakni “Iki” (sorot lampu berwarna kebiruan), “Miyabi” (sorot lampu berwarna keunguan), dan “Nobori” (sorot lampu berwarna oranye). 


Selain itu, menara ini dilengkapi dengan teknologi yang mengagumkan, yakni elevator penuh cermin dengan kecepatan 600 meter per menit yang dapat mengangkut 40 penumpang sekaligus. Ini membuat pengunjung merasakan seolah melayang di atas ketinggian. 


Canton Tower

menara tertinggi di dunia

(@youcai_qiu)


Dari Jepang, kita bergeser ke China. Canton Tower merupakan menara tertinggi di dunia dengan ketinggian 604 meter. Canton Tower dirancang oleh arsitek Belanda, Mark Hemel dan Barbara Kuit, yang mulai dibangun pada tahun 2005 dan dibuka untuk umum pada tahun 2010, bertepatan dengan Asian Games ke-16, yang diselenggarakan di Guangzhou, China. 


Inspirasi bentuk menara Canton Tower adalah seorang wanita cantik dan anggun yang dengan sosok ramping yang memutar pinggangnya sambil melihat ke belakang.


Canton Tower dipergunakan untuk restoran, observatorium, aula pernikahan, bioskop 4D, pertokoan, dan pemancar sinyal telekomunikasi. Pada malam hari, lampu warna-warni akan dinyalakan sehingga menara menjadi terlihat lebih indah.


CN Tower

menara tertinggi di dunia

(Photo by @farazrazz on @cntower Instagram)


CN Tower merupakan menara komunikasi dan observasi dengan material utama dari beton yang memiliki ketinggian 553,3 meter, yang terletak di pusat kota Toronto, Ontario, Kanada. Menara ini dibangun di bekas Railway Lands pada tahun 1973, dan selesai pada tahun 1976. CN Tower menjadi landmark kota Toronto, dan menjadi destinasi wajib dikunjungi bagi turis, khususnya turis internasional. 


Selain berfungsi sebagai menara komunikasi, CN Tower juga berfungsi sebagai menara rekreasi dan restoran, karena dilengkapi dengan area Glass Floor dimana pengunjung bisa berjalan di atas kaca untuk menjajal sensasi melayang di atas ketinggian. Serta area SkyPod di ketinggian 447 meter untuk menikmati pemandangan sejauh 120 km.


Ostankino Tower

menara tertinggi di dunia

(@svao.love)




Menara tertinggi di dunia selanjutnya dipegang oleh Ostankino Tower dengan tinggi 540.1 meter yang dirancang oleh Nikolai Nikitin, berlokasi di Moskow, Rusia. Pada awalnya, Ostankino Tower dibangun untuk menandai peringatan 50 tahun Revolusi Oktober, yang berfungsi sebagai menara televisi dan radio. Namun kini, menara ini juga berfungsi sebagai restoran, hall, dan kompleks multimedia interaktif. Konstruksi menara ini dimulai pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1967. Penggunaan material utama beton prategang atau prestressed concrete secara ekstensif untuk menghasilkan struktur bangunan yang kokoh.


Oriental Pearl Tower


(@orientalpearltower)


Lagi-lagi di China, Oriental Pearl Tower menjadi menara tertinggi di dunia berikutnya. Menara ini berlokasi di Shanghai, China yang berfungsi sebagai menara televisi dan radio. Oriental Pearl Tower mulai dibangun pada tahun 1991 dan selesai pada tahun 1994. 


Memiliki bentuk yang terbilang cukup unik, yakni gabungan dari bentuk pipa dan bola dengan struktur yang terbuat dari material beton. Menara ini memiliki dua bola besar, pada bagian atas dan bawah, masing-masing memiliki diameter 50 meter untuk bola bagian bawah dan diameter 45 meter untuk bola bagian atas. Secara keseluruhan, tinggi menara ini mencapai 468 meter.


Di dalam menara terdapat area observasi, Space Module (spot tertinggi), restoran, pusat perbelanjaan, area pameran, dan hotel.


Milad Tower

menara tertinggi di dunia

(@tehran)


Menara tertinggi berikutnya yakni berlokasi di antara Kota Gharb dan distrik Gisha, Iran. Milad Tower memiliki ketinggian 435 meter mulai dari dasar hingga ujung antena. Menara telekomunikasi ini selesai dibangun pada pertengahan tahun 2000 dan dibuka pada tahun 2007. Di dalam Milad Tower terdapat area restoran, leisure and tourism center, congress center, dan exhibition center. 


KL Tower

menara tertinggi di dunia

(@aereonwong on @menarakl Instagram)


Kuala Lumpur Tower atau dikenal juga dengan sebutan KL Tower adalah sebuah menara komunikasi dan observatorium yang terletak di Kuala Lumpur, Malaysia. Menara ini selesai dibangun pada tahun 1995 dan resmi dibuka pada tahun 1996. KL Tower memiliki ketinggian 421 meter. 


Di dalam menara terdapat restoran melingkar, yang memberikan pengunjung pemandangan kota yang indah. 


Menara ini merupakan salah satu landmark dan titik pandang tertinggi di Kuala Lumpur yang dapat dinikmati oleh turis asing maupun lokal. 



(Teaser: Photo by @dvd.ring on @tokyoskytree_official Instagram)