Tren mendekor rumah semakin meningkat di masa pandemi ini. Banyak orang yang merasa hunian bisa terasa semakin homey dan personal jika dipercantik dengan aksesori interior. Banyak sudut-sudut kosong yang dirasa sepi bisa terlihat lebih hidup jika ditambah sebuah elemen indah. Itupun berlaku di semua area rumah, mulai dari meja makan, kamar tidur, bahkan sampai kamar mandi.


micasa by alacasa tribeca park 2022




Lumikasa


Tapi jauh sebelum itu, kesenangan konsumen berbelanja pernak-pernik rumah sudah disinyalir oleh AlaCASA. Menanggapi kebutuhan para design enthusiast, AlaCASA (yang sebelumnya dikenal Bravacasa atau CASA Indonesia) membuat acara untuk mereka mencari inspirasi dan berbelanja. Acara itu adalah annual exhibition Casa Indonesia yang diselenggarakan sejak tahun 2009, tepatnya di zona MiCASA.


micasa by alacasa tribeca park 2022

Photobooth MiCASA by AlaCASA / @benjoshua


Apa itu MiCASA? Zona MICASA merupakan salah satu section favorit di setiap pameran Casa Indonesia yang dipenuhi oleh produsen-produsen living accessories lokal dengan kualitas mumpuni dan dipasarkan dengan harga yang affordable.


micasa by alacasa tribeca park 2022


Setelah pandemi berlalu dan pameran Casa Indonesia ke-11 tertunda, akhirnya AlaCASA membawa kabar baik. MiCASA kembali hadir dengan konsep baru yang lebih fresh dan semi outdoor. Bertempat di Tribeca Park, Central Park, Jakarta, MiCASA mengandeng 25 brand lokal. Namun kali ini, ada kategori baru yang ditawarkan yaitu F&B dan exotic pets. Diselenggarakan selama 4 hari (9-12 Juni 2022), acara bernuansa Summer Vibes ini dimeriahkan dengan live music mulai jam 5 pm.


micasa by alacasa tribeca park 2022

Mahaya Lab


Tenant apa saja yang seru di pameran MiCASA? Ini dia 11 brand berkonsep ethnic, exotic, dan tropical yang jarang Anda temukan di satu tempat. Sekali datang, Anda bisa puas melihat banyak hal.


1. Lumikasa

Bagi yang mencari furnitur dan home decor dengan gaya contemporary modern, Lumikasa menghadirkan koleksi dari berbagai brand yang seru. Mulai dari arm chair, sofa, coffee table hingga meja kerja pun ada di sini.


micasa by alacasa tribeca park


Namun khusus MiCASA kali ini, Lumikasa membawa home decor dengan bentuk-bentuk yang unik. Jadi jangan biarkan meja dan cabinet Anda kosong, berikan sentuhan menarik dengan dekorasi yang jarang bisa Anda temukan di tempat lain. Lumikasi punya serangkaian produk vas, tray, art wall, dan berbagai hiasan rumah modern lainnya yang menarik untuk hunian Anda.



Brand berasal dari Jakarta dan telah berdiri sejak 2016 ini secara konsisten membawa produk-produk yang telah dikurasi dengan pilihan produk yang bervariatif, mulai dari material yang beragam hingga konsep desain yang penuh cerita.

#PilihanAlaCASA: Ramun Campanello (hadir dalam 4 warna)


2. Kirapassa

micasa by alacasa tribeca park


Selimut sekarang ini sudah tidak lagi hanya sebagai produk yang menghangatkan diri saat tidur. Banyak orang yang menjadikannya sebagai dekorasi di sofa atau disebut dengan throw. Maka motif dan warna menjadi hal yang penting saat seseorang sedang mencari koleksi selimut baru.



Kirapassa siap menghadirkan produk rajutan selimut multifungsi dengan berbagai ukuran. Saat pameran MiCASA, Kirapassa membuat display yang memamerkan motif dan warna koleksinya dengan puas. Dari kejauhan pun menarik untuk dikunjungi dan dipegang. Bahannya halus dan empuk membuat Anda sulit lepas darinya. Selain selimut, brand asal Bandung ini juga punya table runner, mini blanket/sajadah, outer, tas.

#PilihanAlaCASA: Ava blanket edition, warna blue & misty gray (120x180 cm)


3. Bloom

micasa by alacasa tribeca park 2022


Market pecinta tanaman tetap masih banyak, apalagi kalau didukung dengan potted plants & decorative pots yang menggemaskan. Bloom asal Jakarta ini dapat memeriahkan hunian Anda dengan desain-desain yang eksploratif.



Bahkan tanpa tanaman pun, koleksi Bloom cocok jadi dekorasi yang berdiri sendiri. Apalagi jika Anda pecinta Marvel, pot berbentuk Groots terlihat sangat lucu, terutama matanya yang seperti berbinar-binar. Tapi jika Anda mampir ke Bloom, rasanya akan sangat sulit memilih karena pilihannya sangat variatif.

Bahkan gembor atau penyiram tanamannya pun didesain dengan menarik, seperti berbahan kuningan ataupun berbentuk gajah.

#PilihanAlaCASA: Pot berbentuk anak perempuan


4. Studio Dapur

Brand yang berfokus di ethically made artisanal bamboo ini adalah salah satu brand yang dibanggakan oleh Indonesia. Sempat menjadi satu-satunya brand lokal yang diundang untuk berpameran di Ambiente Exhibition di Jerman tahun 2019 & 2020.


micasa by alacasa tribeca park 2022


Beragam produk dinnerware dianyam dengan sangat rapi dan profesional nampak menarik perhatian. Studio Dapur membuktikan bahwa produk anyaman yang leluhur pakai di era lama masih digemari oleh masyarakat muda, justru menjadi aksen rumah yang berkesan.



Berasal dari Bandung dan memiliki workshop di Singaparna, Studio Dapur membawa tudung saji, kotak, keranjang makanan, hingga pot tanaman bisa menjadi pilihan hadiah untuk pecinta produk etnik.

#PilihanAlaCASA: Boana dan Dieng


5. Eclectic Home Décor

Salah satu produk yang juga menarik perhatian berkat pancaran seribu warna di MiCASA adalah Eclectic Home Décor. Brand lokal asal Bekasi, Jawa Barat ini berfokus dalam pembuatan produk rug dengan teknik handtufted.


micasa by alacasa tribeca park 2022


Tidak hanya untuk kenyamanan untuk pijakan dan membuat ruangan terasa lebih hangat dengan bahan yang berkualitas, namun bentuk, warna dan motif yang dimiliki oleh rugs memiliki peran penting dalam menciptakan mood dan mempengaruhi psikologi dalam ruangan.



Selain koleksi existing yang menarik, Anda pun bisa memesan rug custom sesuai dengan desain, warna, dan ukuran yang Anda sukai. Kapan lagi Anda bisa memiliki rug impian yang dibuat khusus hanya untuk Anda? Eclectic Home Décor juga punya doormat atau mini rugs dengan ukuran standar keset yaitu 60x40, cushion cover, wall artwork dan akesori lainnya.

#PilihanAlaCASA: Choux Combination Custom Rug (120x120 cm)


6. Mahaya Lab

micasa by alacasa tribeca park 2022


Membawa cita rasa Tanah Air dalam rupa keelokan di hunian dan juga fashion. Mahaya Lab merangkul brand-brand lokal yang memiliki koleksi dengan well-designed. Produk yang dihadirkan di booth ini cukup variatif, mulai dari tempat lilin, vas, lilin berbentuk ondel-ondel, stool, tas, hingga jewerly.


micasa by alacasa tribeca park 2022


Brand yang dirangkul oleh Mahaya Lab pun diambil dari beberapa kota di Indonesia, seperti KAR, Alun Biru, Threadapeutic, Iximewa, dan masih banyak lagi. 

#PilihanAlaCASA: Bag dari mahaya lab x threadapeutic


7. JKT Creative

micasa by alacasa tribeca park 2022




Rasa peduli kepada lingkungan atau masyarakat itu ternyata bisa dengan berbagai cara. Tak hanya berupa acara bakti sosial seperti berbagi kebutuhan sehari-hari, namun justru memberi lapangan pekerjaan menjadi cara yang lebih efisien dan skala jangka panjang.



JKT Creative mempunyai cara yang menarik dengan membuat souvenir khas Jakarta dan produk fashion buatan tangan hasil pemberdayaan perempuan di Rusun Jakarta. Salah satu best seller dari JKT Creative di Sweatshirt JKT dan kemeja batik Phoenix. Warna putih, merah, dan biru serta corak Bajaj, Ondel-Ondel, dan lainnya menjadi ciri khas yang memorable dari booth JKT Creative di MiCASA.

#PilihanAlaCASA: Outer Bajaj


8. Qreate Studio & Qrystal Soul

micasa by alacasa tribeca park 2022


Apakah Anda pecinta kristal yang belakang ini menjadi tren? Mengutip dari CNBC, banyak selebriti Hollywood seperti Victoria Beckham, Miranda Kerr, hingga Katy Perry yang menggunakan kristal untuk membantu proses healing atau penyembuhan diri. Di MiCASA ada booth yang menampilkan produk kristal dan resin sebagai dekorasi interior dan perhiasaan.



Dimiliki oleh owner yang sama dan memamerkan karya dalam satu booth, Qreate Studio dan Qrystal Soul selalu diramaikan pengunjung berkat koleksi yang penuh warna. Tagline Qreate Studio yang berjudul "Personalised Art for Your Personal Needs" tercermin di berbagai koleksi kedua brand ini, seperti wooden tray + resin, wall art, dan masih banyak lagi.

#PilihanAlaCASA: Geode Clock (2 sizes) dan Crystal Bottle.


micasa by alacasa tribeca park 2022


9. Hard Rock Cafe

micasa by alacasa tribeca park 2022


Percayakah Anda bahwa t-shirt Hard Rock Cafe yang legendaris dan ada di penjuru dunia merupakan kreasi yang awalnya tidak sengaja? Di tahun 1974, cafe di London mensponsori tim sepak bola lokal, dan kaos tim menampilkan logo Hard Rock yang sederhana.



Baju ekstra itu dikembalikan ke kafe dan kemudian diberikan kepada pelanggan setia. Mereka menjadi hit besar di masyarakat sehingga satu laporan mengatakan lebih banyak orang akan datang untuk membeli kemeja daripada duduk dan makan. Sejak itu kaos Hard Rock Cafe menjadi terkenal hingga kini dan merchandise wajib setiap travelling.

#PilihanAlaCASA: Jaket Beatles


10. 88torto

Selain dekorasi interior, MiCASA juga menghadirkan exotic pets, salah satunya adalah 88 Torto. Apakah torto itu? 


micasa by alacasa tribeca park 2022


Tidak semua binatang ini disebut turtle, karena ternyata ada 3 jenis kura-kura dan penyebutan yang berbeda. Mengutip dari Brilio.net, tortoise atau torto berbeda dengan turtle yang bisa hidup di darat dan di air. Tortoise adalah jenis kura-kura yang 100% hidup di darat. Mereka sering disebut kura-kura kaki gajah karena kaki mereka sangat mirip dengan kaki gajah yang besar dan mempunyai telapak kaki yang datar. Untuk yang berukuran kecil, 88 Torto menjual mulai dari harga 1,6 juta rupiah.



Berawal dari hobi dan kecintaan kepada Aldabra Tortoise, serta tingginya minat kaum milenial untuk mengadopsi kura kura darat terbesar kedua di dunia ini, maka hobbie pun berubah menjadi bisnis yg cukup menjanjukan. 


88 Torto yang berlokasi di BSD ini mulai melayani permintaan kura kura darat khususnya Aldabra sejak tahun 2019. Saat ini 88 Torto menyediakan berbagai jenis kura kura darat, terutama Aldabra. Bisa dibilang 88 Torto adalah pemain Aldabra terbesar di Indonesia. 




88 Torto juga farm kura kura darat pertama di Indonesia yg berhasil melakukan breeding terhadap Giant Pardalis Somalia. 


88 Torto juga masih berusaha untuk mengawinkan Aldara, menyusul Thailand yg menjadi satu satunya negara di Asia Tenggara yg sudah berhasil melakukan breeding Aldara. Salah satu highlight di 88 Torto adalah torto yang berumur 50 tahun berukuran besar dan senilai Rp 500 juta. Terdapat berwarna hitam dan albino yang sengaja dipamerkan di luar booth (dalam pagar). Jadi para tamu dapat melihat langsung kegagahan hewan-hewan pemakan sayur-sayuran dan buah-buahan ini.

#PilihanAlaCASA: Sulcata Torto


11. Ball Python Indonesia

Dan yang terakhir adalah python. Ini surga bagi para pecinta ular karena Ball Python Indonesia menghadirkan berbagai macam jenis dengan pattern kulit yang berbeda-beda. Ball python merupakan ular tidak berbisa dengan panjang antara 90 - 150 cm, jadi aman bagi semua pengunjung yang ingin melihat.


micasa by alacasa tribeca park 2022


Untuk pemilik ular dengan anak-anak, ular ini memiliki sifat menyenangkan dan non-agresif. Ular yang lahir dan dibesarkan di penangkaran dapat menyesuaikan diri dengan baik jadi anak-anak pun bisa memegangnya. Ketika mereka gelisah, ball python meringkuk menjadi bola (karenanya senama dengan mereka) daripada menggigit. Bahkan ketika mereka menggigit, itu tidak terlalu menyakitkan atau berbahaya. Meskipun ular piton tidak berbahaya, anak-anak harus selalu diawasi saat memegangnya.



Dan faktanya, ball python adalah hewan peliharaan yang baik karena jinak dan low maintenance sehingga dianggap sebagai salah satu ular terbaik untuk pemula. Namun, daya tarik mereka tidak terbatas pada pemilik ular pemula. Ball python sama-sama populer di kalangan penggemar dan peternak reptil berpengalaman, karena morphs ball python yang langka bisa berharga sangat mahal. Ular yang Ball Python Indonesia jual di kisaran 1 juta sampai 30 juta rupiah.

#PilihanAlaCASA: Pied orange cream


Masih ada banyak lagi brand yang bisa dinikmati dan dijadikan pilihan dekorasi hunian Anda, baca juga 9 Rekomendasi Jajanan Kekinian Menurut AlaCASA


Sumber foto: Badas / AlaCASA