Berdasar Biro Pusat Statistik (BPS) (2020), angka disabilitas di Indonesia bertambah hingga 2 kali lipat dalam selang waktu 10 tahun dan jumlah terbanyak didominasi oleh kalangan umur lebih dari 50 tahun, kedua terbanyak ada pada kelompok masyarakat 6 – 18 tahun dan terbanyak ketiga adalah 19 – 30 tahun. Berdasar Sistem Informasi Penyandang Disabilitas yang disediakano leh Kementrian Sosial RI pada tahun 2018, penyandang disabilitas dengan umur 0 – 18 tahun terbanyak berada di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dari data tersebut, sejak tahun 2016, pemerintah Provinsi Jawa Timur mencanangkan diri sebagai Provinsi Pendidikan Inklusi. Maka, wajib bagi setiap sekolah negeri yang ada di Jawa Timur untuk menyediakan Pendidikan inklusi terutama bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang sering dikenal dengan KBBI, inklusif memiliki arti termasuk; terhitung. Dalam sistem layanan Pendidikan, Pendidikan inklusif merupakan layanan yang disediakan sekolah agar semua siswa tanpa mengecualikan kelompok tertentu untuk dapat belajar dan menggunakan fasilitas yang disediakan dengan baik dan sesuai.


Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya merupakan unit kerja bidang pendidikan yang di bawah naungan Yayasan Bimbingan Peningkatan Prestasi Siswa (YBPPS). Didirikan tahun 1992 oleh Hj. Sri Sedyaningrum, SE., sekolah ini merupakan sekolah inklusif swasta pertama di Surabaya. Sekolah Inklusif Galuh Handayani terletak di Jl. Manyar Sambongan 83-89 Surabaya dan mempunyai jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA dan College. Sekolah dengan judul "Inklusif" ini berbeda dengan sekolah reguler karena pemenuhan standar kompetensi dan kelulusan berbeda. Oleh karena itu, fasilitas yang disediakan pun tidak sama dengan sekolah reguler. Salah satu fasilitas utama yang penting dimiliki sekolah inkluf adalah fasilitas terapi.



  • Anak Melakukan Kegiatan Terapi di Sekolah Inklusif Galuh Handayani


Pada Selasa 22 Maret 2022, terapis dan beberapa staf lain di Sekolah Inklusif Galuh Handayani menjelaskan bahwa ruang terapi ini disediakan bagi siswa yang bersekolah di Sekolah Inklusif Galuh Handayani dan juga untuk umum. Terdapat berbagai macam terapi yang biasa disesuaikan dengan kebutuhan anak, namun Sekolah Inklusif Galuh Handayani menyediakan 4 macam terapi yang sudah dioptimalkan bagi siswanya, yaitu terapi wicara, okupasi, perilaku dan fisioterapi. Terapi ini dilakukan one on one, terapis dan siswa di luar jam kegiatan belajar mengajar, biasanya sepulang sekolah.


Ruang Terapi Utama Sekolah Inklusif Galuh Handayani


Karena terapi ini diperuntukkan bagi ABK, maka desain ruang terapi juga memiliki desain yang khusus, sama halnya dengan ruang terapi di Sekolah Inklusif Galuh Handayani. Salah satu elemen interior mencolok dari desain ruang ini adalah polosnya pemilihan cat dan peralatan terapi yang berwarna - warni. Ruangan yang polos membantu ABK agar dapat fokus ke peralatan terapi, sedangkan peralatan terapi yang dibuat berwarna - warni menggugah minat anak.





Bilik kecil dengan pembatas tirai


Terapis di Sekolah Inklusif Galuh Handayani juga mengutarakan (22/3) bahwa terkadang saat

melakukan terapi, anak dapat mudah terganggu dengan lingkungan sekitar seperti suara lain, orang lain, peralatan lain, dekorasi ruangan, dan lain – lain. Maka, ruang terapi di sekolah ini dilengkapi dengan tirai yang dapat membagi ruang menjadi suatu bilik kecil. Di dalam bilik ini terdapat meja dan kursi untuk anak dan terapis. Bilik ini diperlukan bagi anak dengan tingkat konsentrasi yang rendah agar tidak mudah terganggu dengan suasana dan lingkungan sekitar.



Ruang Terapi Baru di Sekolah Inklusif Galuh Handayani


Terdapat juga area baru di fasilitas terapi Sekolah Inklusif Galuh Handayani, yaitu area dengan fasilitas utama matras dan permainan dengan material matras. Ruang ini biasa digunakan sebagai area terapi tertentu yang membutuhkan banyak pergerakan. Ruangan ini biasa mengguggah minat anak karena secara visual berwarna warni sehingga terkesan menyenangkan. Namun selain itu, ruangan ini juga terkadang digunakan sebagai reward bagi anak yang sudah melakukan terapi dengan baik.


Dengan lengkapnya fasilitas yang sangat memadahi dan kompetensi guru, terapis, psikolog dan staf pendukung lain yang sudah terlatih untuk menangani anak berkebutuhan khusus Sekolah Inklusif Galuh Handayani ini merupakan salah satu pilihan sekolah swasta yang baik anak berkebutuhan khusus.


Teks dan sumber foto: Valentine Vallery Haryanto, Mahasiswa Jurusan Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya