Ingin menghabiskan akhir pekan di Jakarta bersama keluarga atau hanya sekedar ingin berjalan-jalan santai yang murah meriah? Coba datang ke taman kota di Jakarta! Taman kota bisa menjadi tempat berlibur alternatif di akhir pekan yang seru —dan, low budget— bersama keluarga. Suasananya yang asri bisa membantu melepas penat dan refreshing setelah aktivitas padat selama satu minggu. 


Nah, berikut ini daftar 7 taman kota di Jakarta untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga. 





1. Tebet Eco Park


(@wibisono.ari / Instagram)


Sesuai dengan namanya, Tebet Eco Park berlokasi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Taman kota ini mengusung konsep connecting people with nature, yang diharapkan bisa menjadi tempat populer untuk hiburan, sosialisasi, dan rekreasi bagi masyarakat kota Jakarta. 


Di taman ini terdapat link bridge dengan bentuk lambang “infinity”, yang jadi tempat langganan foto-foto estetik. 


Dan, bagi Anda yang pergi mengajak anak atau keponakan, di sini juga terdapat children playground dengan beragam wahana bermain yang seru. 


Tebet Eco Park buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 20.00, dan untuk masuk ke taman ini Anda tidak dikenakan biaya apapun, alias gratis. 


2. Taman Ayodya


(@temantaman.jkt / Instagram)


Berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Taman Ayodya adalah salah satu taman yang selalu ramai oleh pengunjung, baik pada hari biasa maupun hari libur. Tak hanya dihiasi oleh tanaman dan pepohonan hijau, di sini juga terdapat danau buatan yang cantik, trek jogging, gazebo, area bermain anak, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, Taman Ayodya ini sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi, lho

Gimana, cocok jadi tempat mengisi akhir pekan bersama keluarga, bukan?


3. Hutan Kota GBK


(@sindyarl on @temantaman.jkt / Instagram)


Taman kota di Jakarta lainnya yang bisa menjadi destinasi untuk berakhir pekan, yakni Hutan Kota by Plataran, atau biasa dikenal sebagai Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK). Karena lokasinya berada di tengah kota, di taman ini Anda bisa bersantai menikmati hijaunya pepehonan sembari melihat deretan gedung bertingkat di Jakarta—itulah yang menjadi daya tarik Hutan Kota GBK. 


Di Hutan Kota GBK terdapat area kolam trembesi dengan konsep alas kayu di atasnya, dan jogging track yang memang didesain khusus bagi para pelari.


Jika Anda ingin berkunjung ke taman kota ini disarankan datang sekitar pukul 15.00-17.00, di saat matahari mulai terbenam. 


Hutan Kota GBK buka dari hari Selasa sampai Minggu pukul 06.00-10.00 WIB dan tidak dikenakan biaya masuk, alias gratis. 


4. Taman Tabebuya


(@tamanhutandki / Instagram)


Taman Tabebuya merupakan taman terbuka hijau luas yang berlokasi di Jakarta Selatan, yang cocok dijadikan tempat mengisi akhir pekan bersama keluarga. 


Sesuai dengan namanya, taman kota ini menjadi rumah bagi bunga tabebuya yang menyerupai bunga sakura dari Jepang. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi taman ini pada bulan Oktober, saat bunga tabebuya bermekaran. 


Disini Anda tak hanya bisa bersantai sambil menikmati tanaman dan pepohonan hijau saja, tetapi juga bisa berolahraga sekaligus bermain. Tidak berlebihan jika Taman Tabebuya disebut sebagai salah satu destinasi wisata keluarga di Jakarta. 


5. Taman Cattleya


(@temantaman.jkt / Instagram)


Mencari spot nyaman dan refreshing di Jakarta untuk berakhir pekan? Coba kunjungi Taman Cattleya! 




Taman Cattleya yang berlokasi di Kemanggisan, Jakarta Barat, adalah satu dari sekian banyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta. Di taman ini Anda akan menemukan beragam tanaman hias dan pepohonan hijau, serta danau buatan yang bisa membuat suasana akhir pekan di taman ini terasa semakin menyenangkan dan menyegarkan. 


Selain itu, di Taman Cattleya juga dilengkapi dengan jogging track dan area bermain anak sehingga cocok bagi Anda yang datang bersama Si Kecil. 


Tenang, taman ini bisa dimasuki secara gratis bagi semua orang dari hari Senin hingga Minggu mulai pukul 7 pagi hingga 10 malam.


6. Taman Menteng


(@temantaman.jkt / Instagram)


Berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, Taman Menteng menjadi salah satu spot favorit untuk berkumpul santai dan berolahraga warga Jakarta. 


Selain terdapat beragam jenis tanaman hias dan pepohonan hijau yang bisa Anda temukan di sini, taman kota ini juga memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap, seperti jogging track, lapangan basket, bookhive, lapangan futsal, dan area bermain anak. 


Dan, salah satu daya tarik dari Taman Menteng adalah keberadaan rumah-rumah kaca. Sebelumnya, rumah-rumah kaca ini digunakan sebagai tempat pembibitan ragam jenis tanaman, namun sekarang dialihfungsikan sebagai gedung pameran karya seni atau pameran foto, serta digunakan untuk acara-acara lainnya. 


Keindahan yang dimiliki taman ini menjadikannya sebagai salah satu spot foto favorit, termasuk foto pre-wedding.


Jika Anda ingin berkunjung ke Taman Menteng, taman ini buka mulai pukul 05.00 hingga 22.00 setiap harinya, dan Anda tidak akan dikenakan biaya apapun, alias gratis. 


7. Taman Suropati


(@temantaman.jkt / Instagram)


Masih berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Taman Suropati bisa menjadi pilihan taman kota di Jakarta lainnya untuk mengisi akhir pekan. Taman kota ini ditumbuhi beragam tanaman dan pepohonan hijau, serta tanaman hias yang bisa membantu Anda merasa lebih tenang, rileks, segar, dan nyaman— itu akan membuat Anda merasa lebih siap dan segar memulai minggu baru. 


Taman Suropati ini terbilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari jogging track, WiFi spot, hingga jajanan kuliner.


Di taman ini juga banyak spot foto menarik yang bisa Anda temukan, bisa memberi makan burung-burung merpati, atau menikmati monumen-monumen yang dibuat oleh para seniman dari berbagai negara ASEAN. 


Tidak ada jam operasional tertentu yang berlaku, yang artinya Anda bisa berkunjung ke Taman Suropati di waktu kapanpun Anda inginkan setiap harinya. Di taman ini juga tidak diberlakukan tarif tiket masuk bagi pengunjung atau gratis. 



Nah, itulah tujuh taman kota di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi akhir pekan. Saat berkunjung ke taman kota tetap perhatikan hal-hal yang bisa merusak taman dan fasilitas di dalamnya, ya. Mari jaga bersama-sama taman kota di Jakarta!




(Teaser: @temantaman.jkt / Instagram)