Melihat musim yang berubah dengan cepat tanpa disadari mempengaruhi emosi diri maupun hunian yang berada di tempatnya. Tak hanya itu, furnitur dan dekorasi di dalam rumah juga menjadi salah satu faktor yang menghidupkan suasana. 




bagi sebagian orang yang menyukai penataan rumah, akan terus mengikuti perkembangan tren dalam desain interior sehingga menghadirkan estetika yang seragam seperti penggunaan warna dan material natural




bertepatan di akhir bulan mei ini, casatalk by alacasa menghadirkan pembicaraan mengenai good home, good mood untuk membicarakan lebih dalam mengenai cara mengelevasi kualitas hidup di rumah melalui elemen interior di gioi, menteng. acara ini diisi oleh lima narasumber yang mahir di bidangnya. dibuka oleh mc dylla agnesia, pembicara yang diundang pertama adalah agdith tan selaku desainer interior dan principal dari agdith tan design, raden prisya sebagai mindfulness practitioner well-being coach, serta putra tjokro, head of content alacasa. 


dalam talkshow seru kali ini, para narasumber membagikan tips mengutamakan kualitas hidup dengan mengatur pola pikir positif dan lingkungan yang mendukung




sebuah hunian pun tak bisa lepas dari elemen pendukung interior lainnya, seperti lighting dan fabrics. casatalk juga turut mengundang in-lite dan kreyo sebagai pendukung estetika rumah dalam fungsi lampu dan fabrik yang saling medukung satu sama lain untuk menyorot ruangan. 




acara yang mengundang para design enthuasiast dan komunitas alacasa ini diakhiri dengan workshop bertema ekspresi emosi melalui tulisan tangan bersama raden prisya.




berikut ini #tipsalacasa untuk memiliki rumah yang baik dan pribadi yang bahagia.


bagaimana cara memiliki mindful living?



slide presentation by agdith tan


melalui pandangan dari mata desainer interior agdith tan mengatakan, sebuah rumah bukanlah hunian biasa namun penghuninya akan menjadi mindful living jika seluruh panca indera berfungsi dan menghasilkan hidup yang present, needs, dan better living







sesuai dengan tema, untuk hidup dengan kesadaran penuh menimbulkan kesadaran lebih di sekitarnya. dijelaskan lebih lanjut oleh raden prisya butuh keberanian lebih lanjut untuk mencoba hal baru dalam mencari jati diri seseorang. 




belajar dari pengalaman, prisya yang sebelumnya memiliki rumah dominan warna putih identik dengan zen ternyata menimbulkan perasaan khawatir dalam dirinya namun mencoba variasi warna lain menjadi salah satu proses mindfulness




selain itu, tanpa disadari banyak kebiasaan yang sering dilakukan tapi tidak baik untuk lingkungan seperti menutupi sudut yang berantakan. hal itu dapat diatasi dengan teknik decluttering contohnya diahlifungsikan sebagai ruang penyimpanan. 




pentingnya pencahayaan untuk mood manusia dan hunian



slide presentation by agdith tan


saat membicarakan rumah, penggunaan atau pemilihan lampu bukan asal memasang bohlam saja. dari model, bentuk, watt, hingga warna, lampu bisa membantu mengubah atau membuat suasana ruangan menjadi baik. mood manusia bisa berubah jika pencahayaan yang sesuai. sebuah interior bisa terlihat elegan dan mewah jika jenis lampu yang dipilih cocok.






rangkaian produk in-lite memiliki fungsi yang berbeda guna menyesuaikan kebutuhan dari hunian tersebut. berbagai tips diberikan dari fransiska darmawan selaku general marketing manager saat di casatalk ini, seperti pilihan warna warm light dinilai elegan untuk hunian hunian seperti lampu jenis filament yang cocok untuk ruang tamu memberikan kesan intimate.





jadi kesimpulan yang menarik dari in-lite bahwa penataan lampu yang penting pada hunian yang berhubungan erat dengan psikologis manusia, hanya memainkan warna di ruangan tertentu dapat mengubah suasana hati orang yang memasukinya. layaknya lampu in-lite yang memiliki tiga warna dalam satu produk dan mudah digunakan bisa melalui saklar dan smartphone.




mewarnai rumah dengan fabric yang elegan 




kreyo menjadi salah satu brand fabric yang selalu mengangkat tren warna dan tekstur terbaru. setiap koleksi memiliki keunikan guna mengeluarkan warna pada desain furnitur yang diaplikasikan.




menurut putra tjokro, salah satu warna yang sering dijumpai belakangan ini di dalam residensial adalah pink salmon. hal ini mengacu pada turunan warna pantone (viva magenta) yang merupakan kiblat para pekerja kreatif saat membahas tren warna di tiap tahunnya. serta koleksi warna tropis menjadi pilihan banyak orang, mudah untuk dipadupadankan.




warna fabrik dapat mengubah suasana yang dapat diatur melalui arah masuk pencahayaan untuk menonjolkan warna pada fabriknya.




kelebihan yang dimiliki dari fabrik kreyo, kualitasnya yang tinggi untuk dipercayakkan karena dari pemakaiannya tahan lama, mudah dibersihkan, anti bacterial, hingga jenis fabrik yang meredam suara. 




lokakarya: mengekspresikan jiwa melalui kata-kata 

para design enthusiasts yang hadir berpeluang untuk mengikuti workshop ekspresi emosi melalui tulisan tangan yang dipandu oleh raden prisya. hanya dengan menggunakan pensil dan kertas, prisya sebagai mindfulness & well being coach dapat membantu mengolah emosi partisipan. 




kegiatan ini diawali dengan memejamkan mata dan menulis emosi yang dirasakan. lalu, emosi tersebut diberikan alasan mengapa merasakan emosi tersebut seperti melakukan journaling. 



tanggapan para tamu setelah melakukan workshop ini merasa lebih memahami alasan di balik emosi yang dirasakan muncul dan bagaimana mengolah dibanding menghiraukannya. 




selama acara ini, para tamu menikmati makan siang dari gioi dengan pilihan hidangan nasi goreng daging kambing, nasi kari potongan ayam, burger ayam penang, dan pad kee mao menambah keseruan dan keakraban acara.






selain mendapatkan penjelasan mengenai mindfulness living dan melakukan berbagai kegiatan, alacasa menyajikan bingkisan spesial dari in-lite, kreyo, casa by alacasa annual printed edition 2022, paloma, dan dekoruma untuk dibawa para tamu.




Sumber foto: Insan Obi / AlaCASA
Teks oleh: Nadia Dian Zahrani