Masa liburan sekolah identik dengan mengunjungi berbagai tempat dan destinasi wisata untuk tujuan melepaskan penat sekaligus menyongsong tahun ajaran baru. Kota kembang Bandung dikenal sebagai kota yang memiliki banyak destinasi wisata termasuk tempat wisata anak yang bisa Tetangga Online AlaCASA kunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan liburan.





Setelah merekomendasikan tempat wisata anak di Jakarta sebelumnya, kali ini AlaCASA memberikan daftar rekomendasi 32 tempat wisata anak di Bandung yang murah dan seru versi AlaCASA untuk mengisi waktu liburan Anda.


1. Jendela Alam


Jendela Alam

Jendela Alam/jendelaalambandung


Jendela Alam merupakan salah satu tempat wisata edukasi dengan nuansa alam yang menawarkan aktivitas berkebun dan memberi makan hewan ternak. pengunjung bisa langsung memberi makan, mengelus bahkan bermain langsung dengan binatang. Si kecil juga bisa merasakan panen hasil-hasil pertanian yang ada di Jendela Alam. Aktivitasnya seru!

Berlokasi di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri km 4,5 Cihideung, Lembang, pengunjung dikenakan harga tiket masuk Jendela Alam dimulai dari harga Rp 24.000. Di tempat ini, Anda bisa memilih dua tipe paket, yaitu Paket Fun Farming atau Paket Fun Adventure.


Baca Juga: Tempat Liburan Outdoor yang Anak Akan Suka


2. Science Center Soreang

Science Center Soreang


Bermain dengan sains terasa seru di Science Center yang berlokasi Soreang, Kabupaten Bandung. Pengunjung untuk menelesuri sejarah bersifat signifikan dengan dunia sains secara global dan lokal. Salah satu wahana terpopuler adalah Bioskop 4D dengan harga tiket masuk hanya Rp 20.000.


3. Gang Sereh (Belajar Buat Layangan)


Gang Sereh, Bandung

Gang Sereh, Bandung/Liburan Anak


Jika di Jakarta ada Museum Layang-Layang, di Bandung ternyata ada tempat yang akan memfasilitasi anak Anda untuk belajar membuat layang-layang. Beda dengan tempat wisata edukasi anak lainnya, Geng Sereh ini merupakan nama jalan yang akan mengarahkan Anda ke toko Akiat. Pemiliknya bernama Lie Fie Kiat atau biasa dipanggil Akiat. Beliau ini merupakan veteran yang telah meraih 3 kali juara di ajang festival layang-layang dunia. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk namun biasanya layangan dijual dimulai dari harga Rp 45.000.


Baca Juga : Tanpa Rencana Liburan Akhir Tahun? Coba 11 Hal Seru Ini



4. Karang Setra Water Park


Karang Setra Water Park

Karang Setra Water Park/reni.herlina


Tempat wisata air yang bisa dikunjungi di Bandung salah satunya adalah Karang Setra Water Park. Wahana permainan air ini berada dalam Kawasan Bandung Carnival Land (BCL). Sejarahnya dulu, wahana permainan air ini merupakan salah satu kolam renang terluas di Asia Tenggara di mana luasnya mencapai 6 hektar. Wow!


Selain kolam renang, wahana lain yang bisa dinikmati adalah Water Ball, Space Ball, Bungee Trampoline dan lainnya. Untuk harganya, murah saja. Harga tiket masuk di weekdays Rp 40.000 sedangkan saat weekend dan hari libur dikenakan harga Rp 45.000.


5. Taman Kupu Cihanjuang


Taman Kupu Cihanjuang

Taman Kupu Cihanjuang/Travelingyuk


Di Bandung ada taman kupu-kupu dengan luas area 1,7 hektar dengan koleksi lebih dari 35 jenis kupu-kupu langka. Untuk bisa mengenal satu persatu jenis kupu-kupu langka, Anda akan ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan informasi dunia kupu-kupu. Taman semakin terlihat  menarik dengan kehadiran beraneka ragam jenis bunga serta beberapa kastil bertema khusus, seperti Peri Bunga, Peri Masak, Peri Air, dan Peri Hutan.

Untuk melihat kupu-kupu langka ini, harga tiket masuknya sangat terjangkau cukup Rp20.000 per orang.


6. Sky Level PVJ


Kebun Binatang Mini PVJ

Kebun Binatang Mini PVJ/Blog Traveloka


Tidak hanya di kota besar seperti Jakarta, Bandung pun memiliki kebun binatang yang konsepnya tidak kalah unik karena berada di dalam mal, yakni Kebun Binatang PVJ yang terletak di Sky Level. Dengan harga tiket all-day-pass Rp 70.000, pengunjung bebas bermain di KidZoo dan sudah termasuk 1 keranjang makanan binatang. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan bunga matahari dan beragam bunga di area ini dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp 10.000.


7. Ranca Upas


Ranca Upas

Perkemahan Ranca Upas/ranca_upas


Tempat wisata ini merupakan tempat perkemahan yang berada 1.700 mdl (meter di atas permukaan laut). Udaranya yang sangat sejuk cocok untuk Anda dan keluarga menikmati alam sekaligus menyegarkan pikiran. Selain sebagai tempat berkembah, kawasan ini merupakan hutan lindung yang masih banyak flora dan fauna. Uniknya tempat ini yaitu ada rumah pohon yang bisa dijadikan tempat bermain sekaligus berfoto beinteraksi dengan rusa di penangkarannya.


Berkemah di Ranca Upas, Bandung

Berkemah di Ranca Upas, Bandung/ranca_upas


Untuk bisa berkemah di kawasan ini, Anda tidak perlu khawatir karena pengelola sudah menyediakan perlengkapan seperti sewa tenda, sleeping bag, kayu untuk api unggu hingga sound system jika dibutuhkan. Untuk masuk dan menikmati keindahan alam di kawasan ini, Anda harus membayar Rp25.000 namun itu belum termasuk kendaraan dan wahana lainnya.


8. Dusun Bambu Family


Dusun Bambu

Dusun Bambu/dusun_bambu


Di Dusun Bambu, Anda akan mendapatkan suasana tenang dan nyaman dengan menikmati kuliner khas Jawa Barat di tepi danau. Mengusung konsep eco friendly, tempat wisata di Bandung ini menjadi salah satu tempat wisata yang ramah lingkungan di Jawa Barat.


Villa di Dusun Bambu

Villa di sekitar danau/dusun_bambu


Areanya yang luas, dengan tata kelola yang baik. Tersedia area kuliner berupa restoran unik, playground untuk anak dan tempat menginap seperti villa dan glamping. Plus ada taman terbuka yang luas membuat liburan Anda akan semakin berkesan. Jangan lupa untuk menikmati area Lutung Kasarung yang menjadi favorit di sini. Harga tiket masuknya adalah Rp 25.000 (Weekday) dan Rp30.000 (Weekend).


9. Teras Cikapundung Riverspot


Teras Cipundung Riverspot

Teras Cipundung Riverspot/tecibdg


Tempat wisata di Bandung ini resmi dibuka pada Desember 2015 pada saat pada saat Ridwan Kamil menjabat sebagai walikota Bandung. Lokasinya yang tepat berada di sekitar aliran sungai Cikapundung memiliki konsep urban dan ekologi. Tujuannya sebagai ruang terbuka umum sekaligus kawasan hijau kota Bandung.


Adapun fasilitas yang bisa dinikmati seperti ampitheater, taman, jembatan, kolam, gazebo yang akan membuat Anda dan keluarga betah dan nyaman ketika menikmati suasana di sana. Untuk harga tiket masuk tempat wisata ini yaitu Rp5.000,00 (Anak-anak), dan untuk dewasa Rp10.000,00


Baca Juga : Wajib Kunjungi! 8 Taman Keren di Bandung



10. Kampung Batu Malakasari


Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari/kampungbatu


Kampung Batu Malakasari merupakan salah satu destinasi wisata di Bandung dengan wahana terlengkap. Mulai dari wisata alam, edukasi, hiburan sekaligus wisata kuliner. Untuk wahana favorit di sini adalah wahana air Tektona Waterpark, Rumah Kelinci, dan Penangkaran Rusa Totol yang akan menambah pengetahuan si kecil. Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, Anda harus mengeluarkan budget sebesar Rp10.000 untuk tiket masuk dan Rp50.000 jika ingin ke Tektona Waterpark.


Baca Juga : 7 Destinasi Long Weekend di Bandung Yang Memorable


11. Dago Dream Park


Dago Dream Park

Dago Dream Park/dagodreampark


Salah satu destinasi wisata untuk anak di Bandung yang bisa dikunjungi ketika liburan akhir tahun nanti adalah Dago Dream Park. Lokasinya yang berada di kawasan Lembang dengan cuaca yang sejuk dan dingin akan membuat suasana liburan dengan keluarga akan semakin nyaman. Selain itu wisata di kawasan Lembang ini juga menyediakan beragam wahana, Up house, Sky Tree, Aladdin Carpet, Sky a Bike, hingga Row a Boat dengan membayar Rp120.000 lewat halaman Klook dan harga 1 day pass ini sudah termasuk untuk seluruh wahana serta tiket masuk. Sedangkan untuk tiket masuknya saja, Anda harus membayar Rp40.000.


12. Ciwidey Valey Hot Spring Waterpark Resort


Ciwidey Valey Hot Spring Waterpark Resort

Ciwidey Valey Hot Spring Waterpark Resort/ciwideyvalley


Berlibur dengan mengunjungi water park mungkin sudah sering dan biasa, tapi akan berbeda rasanya jika Anda datang ke water park yang ada di Bandung ini. Water park ini menggunakan air panas yang langsung dialirkan dari alam. Selain itu, juga ada restaurant dan resort untuk menginap.


Biaya masuk ke water park ini cukup terjangkau Rp20.000,00 per orang dan itu sudah termasuk welcome drink. Untuk menikmati kolam renang, dan sand bath SPA dengan air panas ini , Anda harus membayar lagi sebesar Rp50.000,00.


13. Floating Market, Lembang


Floating Market, Lembang

Floating Market, Lembang/floating.market.lembang


Liburan di Bandung, tempat wisata yang mesti dikunjungi adalah Floating Market Lembang. Kawasan wisata ini sangat cocok untuk anak karena ada wahana permainan, menikmati kuliner di atas perahu, hingga spot foto yaitu wahana kota mini dan taman bunga. Biaya masuknya Rp30.000 per orang. Untuk Anda yang membawa kendaraan mobil dan motor akan dikenakan parkir sebesar Rp30.000 (mobil) dan Rp5.000 (motor).


Baca Juga : Lezat dan Cantik, 6 Tempat Makan Keluarga di Bandung


14. De Ranch


De Ranch

De Ranch/deranchlembang


Ingin merasakan suasana ala koboi layaknya di Texas? Ajak anak dan keluarga ke De Ranch, tempat wisata berkuda yang ada di Bandung. Si Kecil bisa merasakan sensasi menaiki kuda dan bekeliling. Bosan berkuda, Anda bisa mengajak si Kecil untuk bermain di wahana-wahana permainan. Selain itu ada spot lainnya seperti kolam pancing, panahan, dan spot wahana edukatif lainnya.




Harga tiket masuk adalah Rp26.000 per orang. Sedangkan untuk menikmati wahana lainnya, ada biaya tambahan yang harus Anda siapkan.


15. Museum Geologi


Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung/glykist_syaadah


Bandung juga memiliki museum-museum yang bisa dikunjungi ketika liburan, salah satunya museum Geologi. Museum di Bandung ini ternyata merupakan salah satu museum tertua yang ada di Indonesia. Berbagai koleksi sejarah beraneka ragam fosil dan benda langit, termasuk penjelasan bagaimana terbentuknya tata surya tersimpan rapi di sini. Untuk waktu berkunjung museum ini adalah mulai pukul 10.00 pagi hingga 13.00. Harga tiket masuknya adalah Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3.000 untuk umum, dan Rp 10.000 bagi wisatawan asing.


16. Farmhouse Lembang


Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang/farmhouselembang


Kawasan Lembang memang terkenal dengan beragam tempat wisata alam dengan view yang indah dan udaranya yang sejuk. Salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi ketika musim liburan tiba adalah Farmhouse. Di tempat wisata ini, anak-anak bisa bermain bersama dengan hewan hingga berfoto di Rumah Hobbit. Harga tiket masuk ke Farmhouse Lembang ini, Rp30.000 per orang. 


17. Glamping Lakeside Rancabali


Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali/lakeside_rancabali


Untuk menyepi dan menyukai sekaligus menikmati pemandangan indah alam Bandung, berkemah di Glamping Lakeside Rancabali jadi alternatif untuk habiskan liburan akhir tahun bersama keluarga. Pengalaman berkemah di sini akan menjadi berbeda karena di sini menawarkan aktivitas glamping, yakni aktivitas menyatu dengan alam namun tetap nyaman dan bersih. Untuk menginap di kawasan wisata ini, Anda bisa memilih menggunakan tenda atau justru bermalam di resort. Tidak hanya berkemah dan menikmati alam, Anda bisa mengunjungi Situgung Suspension Bridge/


18. Taman Miniatur Kereta Api


Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api, Bandung/spideybenz


Jika Anda sedang berada di taman wisata Floating Market, Lembang jangan lupa untuk mengunjungi dan bermain di Taman Miniatur Kereta Api yang menghadirkan miniatur kereta api beserta bangunan lengkap layaknya seperti hidup. Untuk anak-anak, wahana wisata ini akan memberikan pengalaman unik sekaligus mengenalkan tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia hingga dunia. Untuk masuk dan main di wahana ini, Anda membeli tiket masuk sebesar Rp25.000 per orang.


19. Kebun Strawberry Ciwidey


Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey/akbar_zein


Selain Glamping Lakeside Rancabali, di kawasan Ciwidey ada juga tempat wisata yang diperuntunkkan untuk anak yakni kebun stroberi. Di sini Anda bisa memetik sekaligus menikmati buah stroberi langsung dari pohonnya. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di tengah kebun yang cukup luas ini. Tiket masuknya gratis, namun Anda akan dikenakan charge dari buah strawberry yang dipetik dengan kisaran harga Rp 35.000 sampai Rp 50.000 per kg.


20. Taman Burung, Bird and Bromelia Pavilion


Taman Burung, Bird and Bromelia Pavilion

Taman Burung, Bird and Bromelia Pavilion/maurentptarigan


Tempat wisata untuk anak lainnya adalah wisata edukasi flora dan fauna. Di taman burung Bird and Bromelia Pavilion, si kecil akan mengenal berbagai macam jenis burung, hewan lain seperti kelinci, angsa, ayam kalkun dan ikan. Di sini juga ada beragam jenis tanaman.


Lokasi taman burung ini berada di dalam pawasan Pramesthe Resort Town yang bertaraf internasional. Selain taman burung ini, dalam kawasan ini ada juga resort premium, dan wisata alam. Untuk harga tiket masuk yaitu Rp35.000 (weekdays) dan Rp50.000 (weekend dan hari libur nasional)


21. Barusen Hills


Barusen Hills

Barusen Hills/elsaagustiani02


Barusen Hills jadi favorit wisatawan karena banyak spot foto instagramable yang sayang jika harus dilewatkan, seperti taman bunga cinta dan kincir angin. Ada juga wahana kolam renang yang dilengkapi dengan perosotan air buat liburan makin seru. Harga tiketnya dimulai dari Rp25.000 – Rp35.000 bagi pengunjung dewasa.


22. Alun-Alun Bandung


Alun Alun Bandung

Alun Alun Bandung/meyalbum


Alun-alun kota Bandung banyak dijadikan alternatif warga Bandung untuk mengajak anak bermain sekaligus menikmati waktu liburan. Berbeda dengan taman-taman lainnya, lapangan ini menggunakan rumput sintetis jadi si kecil bisa bebas berlarian dan bermain. Jangan khawatir, untuk bisa bermain ke sini gratis!


Baca Juga : Terbaik! 11+ Tempat Nongkrong Instagrammable di Bandung


23. Kebun Bunga Begonia


Kebun Bunga Begonia

Kebun Bunga Begonia/apridar_adnan


Tempat wisata ini merupakan taman dengan beragam jenis bunga dengan view yang indah. Di taman ini Anda bisa mengajak si kecil bermain mengitari taman dan juga berfoto di hamparan bunga yang cantik. Tiketnya sangat murah, yakni Rp10.000 per orang namun Anda akan dikenakan biaya Rp 50.000 jika membawa kamera SLR.


24. Puspa Iptek Sundial Bandung


Puspa Iptek Sundial Bandung

Puspa Iptek Sundial Bandung/puspaipteksundial


Tempat wisata edukatif biasa disebut sebagai museum iptek ikonik di Bandung. Di sini akan membuat liburan nanti akan semakin seru di mana Anda dan keluarga akan banyak menemukan berbagai alat peraga yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Bahkan ada 4 bioskop untuk menonton 4 dimensi. Selain itu dengan bentuknya yang seperti jarum jam ini, membuat pengalaman liburan di sini akan semakin seru dan menarik. Hanya dengan Rp35.000 Anda akan bisa belajar dan bermain di sini.


25. Fairy Garden


Fairy Garden

Fairy Garden/fairygardenbandung


Taman bermain Fairy Garden menawarkan beragam variasi wahana permainan yang seru untuk anak-anak. Selain menyenangkan, tempat wisata ini bisa melatih daya imajinasi anak. Unik dari tempat ini, seluruh pegawai taman akan berdandan seperti peri dan karakter dongeng yang akan menarik minat anak-anak untuk mengetahui lebih dalam seputar karakter tersebut.


Wahana lain dalam taman bermain ini, Anda bisa mengajak si kecil berkuda di area Woodland, mengunjungi istana peri, dan taman bunga yang asri. Biaya masuk ke tempat ini, siapkan dana sebesar Rp35.000 per orang. Namun tiket masuk ini belum termasuk tiket untuk menikmati wahana lainnya.


Baca Juga: Taman Kota yang Seru untuk Dikunjungi Liburan Ini


26. Pine Forest Camp Lembang


Pine Forest Camp Lembang

Pine Forest Camp Lembang/pineforestcamplembang


Pine Forest Camp Lembang merupakan salah satu camping ground di kawasan Lembang. Untuk Anda dan keluarga, bisa memilih layanan “Adventure Family Camping” untuk menikmati alam bebas untuk menambah kekompakkan dan kedekatan antara anggota keluarga. Ingin merasakan camping bersama keluarga, cukup datang saja karena pihak pengelola sudah menyediakan peralatan lengkap dan fasilitas yang dibutuhkan.


27. Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Gardens)


Bandung Zoological Gardens

Bandung Zoological Gardens/bandung_zoological


Mengajak anak-anak liburan, tentu tidak ketinggalan untuk datang ke kebun binatang. Di Bandung, Anda bisa mengajak si kecil ke Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Gardens). Selain memperkenalkan si kecil dengan berbagai hewan, Anda bisa istirahat sekaligus menikmati pemandangan alam di bawah pepohonan yang rindang.  Harga tiket masuk sebesar Rp 50.000 dan buka tiap hari dari pukul 10.00 sampai 16.00.


28. Orchid Forest


Orchid Forest

Orchid Forest, Cikole/orchidforestcikole


Masih seputar kawasan Lembang, ada tempat wisata yang sayang jika dilewatkan. Orchid Forest ini, liburan akan lebih tenang dan dan alam yang indah. Taman yang berada di Cikole ini disebut-sebut sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia. Selain itu, taman dengan luas 12 hektare ini sering digunakan sebagai tempat konser musik, salah satunya Lalala Fest pada Februari 2019 lalu.


Wahana untuk anak bermain, Anda bisa mengajaknya ke Rabbit Forest yang ada di dalam kawasan ini. Namun, Anda harus rela mengeluarkan budget tambahan untuk masuk. Sedangkan harga tiket masuk kawasan ini, Anda cukup membayar dengan Rp40.000 per orang.


29. The Great Asia Afrika, Lembang


The Great Asia Afrika, Lembang

The Great Asia Afrika, Lembang/lustiie_


Jika ke Kawasan Lembang, kini ada tempat wisata yang baru diresmikan pada Desember 2019. Tempat wisata di Bandung ini ramah untuk anak-anak, di mana Anda dan keluarga akan disuguhkan 7 landmark negara dari benua Asia dan Afrika, seperti Indonesia, Jepang, India, Korea, Thailand, Timur Tengah dan Afrika.


Berada di lahan seluas lima hektare dan lokasinya berada di lembah membuat suasana liburan menjadi lebih menarik dan seru. Untuk tiket masuknya, Rp50.000 per orang. Harga ini belum termasuk jika Anda dan keluarga ingin berfoto dengan menyewa baju-baju khas dari setiap negara.


30. Grafika Cikole


Grafika Cikole

Grafika Cikole/officialgrafika


Lokasinya yang berada di Lembang, tempat wisata ini menawarkan beragam spot dan kegiatan menarik untuk Anda dan keluarga dengan fasilitas lengkap seperti tempat makan yang unik. Tidak hanya itu, Anda dan keluarga juga bisa menginap di berbagai villa yang disediakan di sini. Tentu berlibur di sini, akan membuat liburan kali ini akan sangat seru dan nyaman karena tempat wisata ini berada di tengah hutan pinus Cikole yang rindang. Tiket masuknya Rp20.000 per orang namun tidak termasuk wahana permainan lainnya.


31. Rabbit Town Bandung


Rabbit Town Bandung

Rabbit Town Bandung/rabbittown.bdg


Tempat wisata anak di Bandung yang bisa dimasukkan ke dalam list tempat wisata yang harus didatangi adalah Rabbit Town di area Ciumbuleuit. Cuacanya yang sejuk dan lokasinya pun tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung. Di sini, ada berbagai spot unik dan spot foto instagrammable. Bahkan di sini juga ada beberapa wahana permainan yang bisa dinikmati dan cocok untuk anak-anak. Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp45.000 - Rp 55.000 per orang jika membeli langsung di lokasi. Saran AlaCASA, coba beli tiket lewat website resmi mereka ataupun tiket.com dan traveloka untuk mendapatkan harga promo menarik.


32. Saung Angklung Udjo


Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo/angklungudjo


Saung Angklung Udjo bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata budaya yang terkenal di Bandung. Di sini Anda bisa menyaksikan pertunjukan pentas seni seperti orkestra angklung, tapi topeng, helaran dan juga wayang golek yang merupakan budaya khas Bumi Pasundan. Selain pertunjukan seni khas Jawa Barat, Anda juga bisa mengenalkan angklung dan budaya khas Sunda kepada si Kecil. Untuk menyaksikan pertunjukan pengunjung akan dikenakan tarif dimulai dari Rp 75.000 sampai Rp 100.000


Dari 32 rekomendasi tempat wisata di atas, apakah sudah tergambar di benak Anda tempat wisata di Bandung mana saja yang akan Anda kunjungi selama liburan nanti?


(Referensi : Shopback, IDN Times, Blog Traveloka, Blog Tokopedia, Kompas, Ayobandung.com, Native Indonesia)
Foto teaser: Instagram @Nonykartika
Teks diperbaharui oleh Oktavia Putri (Juni 2022)