Tokopedia mengadakan virtual media workshop yang diselanggarakan pada 28 Juni 2022 lalu dengan tema Memanfaatkan Libur Sekolah untuk Tingkatkan Kemampuan Sosialisasi dan Melepas Kejenuhan Anak untuk memperingati hari keluarga nasional yang bertepatan pada 29 Juni 2022.

Tokopedia membagikan tren jual-beli berkaitan dengan produk kebutuhan keluarga yang disampaikan oleh Ramadhan Niendraputra selaku Head of Development Tokopedia. “Kategori Ibu dan Anak serta Rumah Tangga menjadi beberapa kategori yang banyak dicari masyarakat pada kuartal II 2022,” ujar Ramadhan.

Selain itu Tokopedia juga mengundang Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S. Psi, M Si, Psi yang memberikan lima tips bagi orang tua untuk bantu tingkatkan kemampuan sosialisasi dan melepas kejenuhan anak selama libur sekolah.

1. Memanfaatkan Teknologi Sesuai Usia

Anna mengatakan bahwa dengan menggunakan teknologi yang tepat dan sesuai pada kebutuhan dan usia anak dapat membantu mengembangkan kemampuan anak bersosialisasi serta keterampilan lainnya. “Misal, dengan bantuan orang tua, sesama anak bisa saling berbagi atau mengirim camilan ke teman sebaya atau melakukan workshop kerajinan tangan secara virtual,” kata Anna.

2. Roleplay atau Bermain Peran

Anna menyampaikan bahwa melalui permainan peran anak secara tidak langsung dapat belajar cara menghadapi suatu konflik. “Buat skenario konflik dengan anak, seperti memperebutkan mainan, bermain curang atau bicara dengan kata tidak sopan. Setelahnya, ajak anak diskusi dan mencari solusi bersama jika menghadapi berbagai situasi tersebut,” jelas Anna.

3. Perhatikan Interaksi Antar Anggota Keluarga

Anna menjelaskan bahwa melalui interaksi antar anggota keluarga dan anak juga perlu untuk menstimulasi anak melakukan interaksi dengan orang lain, seperti mengajak anak bercerita mengenai kesehariannya. “Upayakan juga menciptakan suasana tenteram antara anggota keluarga karena anak akan meniru apa yang ia lihat secara langsung,” tambah Anna.

4. Playdate dengan Teman Sebaya

Dalam usia dini terlebih di bawah usia tujuh tahun, anak perlu bermain secara langsung dengan teman seusianya untuk membantu keberaniannya bersosialisasi. “Di tengah pandemi, sangat penting untuk selalu mengingatkan anak mematuhi protokol kesehatan saat bermain, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak,” saran Anna.

5. Longgarkan Aturan Selama Liburan

Selama liburan orang tua disarankan untuk mengajak anak dalam terlibat di berbagai aktivitas seperti berkemah di halaman atau kamar, mendekorasi ulang kamar dan lain sebagainya. “Longgarkan juga aturan selama libur sekolah, misal dengan membebaskan anak makan es krim atau main gadget lebih lama dari biasanya. Di sisi lain, tetap beri pengertian mengapa aturan dilonggarkan, misal hanya berlaku selama libur sekolah,” jelas Anna.

Ramadhan juga menyarankan bagi para orangtua untuk mengikuti webinar maupun talkshow seputar anak dan keluarga yang menggandeng para ahli di Tokopedia Parents untuk menambah wawasan serta berbagi informasi.


Sumber foto: Tokopedia
Teks oleh: Raissa Ghina P