Kalau bicara tentang bersih-bersih, pasti kita semua mencari cara agar ruangan bisa lebih cepat bersih dan beres dalam waktu singkat dan efisien. Tanpa kita sadari, mengambil "jalan pintas" malah terkadang bisa menjadi hal yang mempersulit Anda dalam jangka panjang.






helloglow.co

Saatnya untuk kita mulai berhenti melakukan beberapa kebiasaan ini agar bersih-bersih dapat dilakukan dengan efisien dan hasil yang maksimal. Sebenarnya banyak cara kita yang salah dalam bersih-bersih, Berikut 5 langkah kecil yang dapat kita mulai untuk membuat rumah jauh lebih bersih!


1. Menaruh Handuk Basah Sembarangan


Zara Home

Mulai untuk membiasakan diri untuk tidak menumpuk dan handuk basah bertumpuk di lantai, kasur atau sofa. Hal ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang paling kecil namun cukup sulit untuk dihilangkan.


Dengan menggantung handuk basah hingga kering, kita dapat menggunakan handuk berkali-kali setelah mandi sehingga mengurangi beban cucian Anda. Menggantung handuk setelah mandi juga bisa memberikan kesan rumah yang lebih rapih, tidak lembab ataupun bau apek.


2. Menggunakan Produk Pembersih Secara Berlebihan



thehomeedit.com

Menggunakan terlalu banyak pembersih atau deterjen cucian sebenarnya bisa menyebabkan lebih banyak kerugian dibanding keuntungan.

Kenapa? Karena jika kita menggunakan produk pembersih secara berlebih dan produk pembersih tersebut tidak dibilas dengan sempurna, maka sisa dari produk pembersih yang mengendap tersebut akan menjadi magnet kotoran.



17apart.com


Maka dari itu, kita harus membiasakan diri untuk membaca petunjuk dan selalu menggunakan jumlah yang disarankan atau bahkan lebih sedikit.


3. Bersih-bersih Menggunakan Alat Kotor



objectsofuse.com

Logikanya, bagaimana kita bisa mengharapkan hasil yang bersih saat kita saja menggunakan alat pembersih yang kotor? Contoh kecilnya, jika mesin cuci kita jarang dibersihkan, bahkan memiliki bau dari bakteri yang menumpuk di residu deterjen, pakaian kita tidak bisa bersih dan wangi secara maksimal.




food52.com


Jika kantong vakum atau filter pada vacuum cleaner kita sudah penuh dengan debu, segeralah diganti atau dikosongkan karena hal ini menjadi salah satu alasan mengapa alat pembersih kita tidak bekerja dengan maksimal.

Contoh lainnya yang sering kita lupakan adalah mengganti spons cuci piring secara berkala, dengan jarangnya mengganti spons cuci piring membuat sarang kuman menjadi merajalela.


4. Meninggalkan Piring Kotor di Wastafel


Home Experts

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasukkan gelas kotor ke dalam mesin pencuci piring dan bukannya wastafel? Meninggalkan piring kotor di wastafel merupakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri dan makanan bagi serangga yang lapar.





5. Penyimpanan Produk Pembersih Dengan Cara yang Salah


thehomeedit.com


Kumpulkanlah perlengkapan pembersih yang kita butuhkan untuk setiap area rumah dan simpan di dekat area tersebut. Pembersih kamar mandi dapat ditempatkan dalam rak kecil bawah wastafel untuk barang-barang yang kecil.



thehomeedit.com

Buat rak yang lebih besar untuk menyimpan barang-barang yang lebih besar, walau hal ini terdengar kecil, namun memberikan dampak yang cukup besar. Dengan terorganisirnya suatu barang, dapat memberikan lingkungan yang lebih rapid an menjaga kebersihan alat pembersih itu sendiri.



Foto Teaser: Photo by The Laundress 
Teks oleh: Asyifa Ar'rifqu H.P