Kembali lagi, brand material termuka di Indonesia menampilkan instalasi desain yang menakjubkan. Tak hanya memberikan estetika yang menarik serta menampilkan deretan produk terbaik namun Jayaboard mengangkat isu global yang "mencolek" masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.


Jayaboard adalah produsen papan gipsum di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1993 yang telah banyak digunakan oleh beragam unit mulai dari rumah hingga bangunan tinggi.







Jayaboard menampilkan instalasi berjudul Melting Iceberg yang berkolaborasi bersama firma arsitek Arkitekton Limatama pada event ARCH:ID di ICE BSD yang digelar pada 14 – 17 Juli 2022. Krisis iklim dan kekhawatiran terhadap lingkungan yang semakin memburuk menjadi isu yang diangkat dan pesan utama pada instalasi ini. Dengan harapan melalui instalasi ini dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kondisi bumi.




Presiden Direktur Jayaboard, Ahmad Hamdani menuturkan, instalasi tersebut juga menggunakan material ramah lingkungan hal ini melambangkan partisipasi Jayaboard terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik.  “Beberapa material Jayaboard yang digunakan dalam instalasi Melting Iceberg ini sejalan dengan tema besar yang mengangkat tentang kepedulian lingkungan, karena produk Jayaboard diproduksi dan diolah dengan mengutamakan faktor sustainability dan eco-friendly, bahkan nantinya bisa didaur ulang sehingga less-waste, selain itu juga untuk menunjukkan bahwa produk – produk Jayaboard mampu membantu para arsitek merealisasikan imajinasi desainnya,” terangnya.






Sementara itu Chiquita Pitono, principal Arkitekton Limatama menambahkan, instalasi ini menjadi aksi nyata dari kepedulian kolaborasi yang sudah digaungkan dari temanya krisis iklim yang sedang terjadi saat ini, suhu bumi yang kian meningkat menyebabkan debit air semakin bertambah yang mengakibatkan bencana alam seperti banjir, erosi, hingga merusak warna natural dari karang dalam lautan. “Menempatkan instalasi ini di Jakarta merupakan sebuah langkah kontradiktif yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan krisis iklim. Instalasi ini menyajikan pemandangan yang dramatis dari proses mencairnya gunung es, semua dibentuk dalam komposisi dan evolusi pola yang variatif,” jelasnya. Serta instalasi ini dirancang knock down sehingga mudah untuk dipindahkan.




Durock, Fiberock, dan Jaya Akustik Panel merupakan produk dari Jayaboard yang didesain identik dengan pola stalaktit pegunungan es dalam instalasi ini sehingga mampu membuat pengunjungnya terpukau.



Instalasi ini juga sempat dipamerkan di Kapten Tendean pada Maret 2022 lalu.


Sumber foto: Jayaboard
Teks oleh: Raissa Ghina Putrianda