Jika tamu akan datang ke rumah dalam sehari sebelum, kira-kira apa saja yang harus dilakukan? Sama seperti dengan pemilik rumah, pastinya tamu akan merasa nyaman dan betah jika rumah yang disinggahi rapi dan bersih. Sehingga kita perlu sedikit membersihkan dan menata ulang rumah sebelum tamu tiba.





Inilah delapan cara menyiapkan rumah tepat sehari sebelum orang-orang berkunjung ke rumah.


1. Membersihkan Pintu Masuk




Kesan pertama sangatlah penting. Anda dapat menyapu jalur pertama yang akan dilalui tamu mulai dari teras hingga pintu masuk, mengganti karpet pintu masuk atau bahkan mengelap debu yang ada di pintu masuk.


2. Merapikan Ruang Tamu



Vanessa Lentine


Pada umumnya ruang tamu akan sering digunakan untuk menyambut tamu, hingga berkumpul seperti mengobrol, menonton, bermain games, atau sekadar berbincang. Sehingga Anda dapat menambahkan bantal untuk menambah kenyamanan, menyusun objek dekorasi, dan mengelap debu yang ada di meja.


3. Membersihkan Toilet




Salah satu spot penting lainnya di dalam rumah adalah toilet. Sebagian besar tamu akan membutuhkan dan menggunakan toilet. Isi ulang perlengkapan dasar kamar mandi seperti sabun, sampo, tisu, handuk. Lakukan pula pembersihan terhadap kloset, wastafel, lantai dan cermin yang ada di toilet. Tidak hanya bersih namun toilet akan lebih nyaman jika harum, sehingga Anda dapat menambahkan pewangi ataupun kamper.


4. Membereskan Dapur



shutterstock.com

Selanjutnya dapur, pastikan Anda membereskan peralatan dapur dan menaruh pada tempatnya, mencuci piring kotor, membersihkan wastafel dan kabinet dapur dengan disinfektan, serta melengkapi alat makan.


5. Menata Ulang Kamar Tamu



iStock.com

Jika tamu yang berkunjung berencana untuk menginap, sebagai pemilik rumah Anda harus menyiapkan kamar bagi tamu. Anda dapat memulai dari mengganti sprai kasur dan selimut dengan yang baru, menyediakan handuk, dan tempat bagi tamu menaruh barang bawaannya.




6. Sapu dan Pel Lantai


originalorkopina.com


Siapkan perabotan dan alat untuk membersihkan lantai. Anda dapat menyapu lantai dari kotoran dan debu yang ada dan mengepelnya dengan air dan pembersih lantai, serta memvakum karpet yang ada di rumah Anda untuk menghilangkan debu atau partikel yang sulit dibersihkan.


7. Menghilangkan Bau Tidak Sedap


Neom Organics


Dengan menyegarkan udara dalam rumah akan menambah kesan yang baik bagi tamu. Pasang pengharum ruangan, lilin beraroma, atau reed diffuser pada tiap ruangan akan membantu menghilangkan bau tidak sedap pada rumah.


8. Stok Makanan




Terakhir yang tidak kalah penting, Anda tentunya tidak mau membiarkan tamu Anda kelaparan, Anda perlu mempersiapkan stok makanan. Mencari tau menu kesukaan tamu dan menghidangkannya akan lebih baik, serta camilan ringan sebagai pelengkap.


Teks oleh: Raissa Ghina Putrianda
Foto Teaser: Decorilla.com