Membeli dan merawat tanaman akhir-akhir ini menjadi hobi yang sudah tidak lazim di kalangan pasangan muda maupun anak muda. Merawat dan mengoleksi tanaman bukan hanya sekedar membuat udara hunian Anda menjadi lebih segar tetapi sekarang tanaman hias juga menjadi dekorasi rumah yang malah dicari-cari.






flowermarket.com.au

Seiring berkembangnya zaman, jual beli tanaman tidak lagi hanya bisa dilakukan di toko ataupun pinggir jalan, jual beli tanaman hias sudah banyak dipasarkan di sosial media dari mulai Facebook, Instagram bahkan Tiktok.

Namun, karena banyaknya demand dari para konsumen maka tidak jarang pula kita menemukan penjual yang menipu bahkan menjual barang reject. Maka dari itu, jika Anda baru memulai untuk membeli tanaman di media sosial, ada beberapa tips yang harus Anda pelajari agar tidak tertipu membeli tanaman di media sosial.

1. Research


popsugar.com

Sebelum Anda mencari tanaman di sosial media, pastikan Anda melakukan research terlebih dahulu mengenai tanaman yang ingin Anda beli. Dimulai mencari tahu tentang tanaman itu sendiri, hingga mencari tahu bagaimana cara merawatnya. Mengetahui bagaimana cara merawat tanaman dengan baik dapat membuat tanaman menjadi lebih cantik, sehat, serta tahan lama. Sehingga Anda tidak perlu merasa rugi saat memutuskan untuk membeli tanaman hias untuk hunian Anda.


2. Memilah Tipe Tanaman Apa yang Cocok Untuk Hunian Anda

artiplanto.com

Penjual tanaman di media sosial sering kali menawarkan berbagai jenis tanaman. Anda harus memutuskan lebih dulu apakah Anda ingin membeli tanaman yang sudah jadi atau hasil setek. Memilah jenis tanaman, apakah ia bisa ditempatkan di tempat yang minim akan sinar matahari atau perlu banyak paparan sinar matahari. Jangan lupa untuk menggunakan pot yang serasi agar tanaman bisa bertumbuh dengan baik. Dengan begitu, ruangan Anda semakin estetik dan asri.

3. Periksa Riwayat Penjualan


The Sill


Banyak orang hanya fokus pada review bintang 5, namun akan lebih jika kita lebih memfokuskan diri kepada kuantitas penjualan dan peringkat bintang rata-rata.

Dengan cara ini, Anda lebih bisa menyimpulkan bahwa toko tersebut memiliki track record yang bagus atau tidak. Penting juga untuk diperhatikan, bahwa mungkin ada beberapa ulasan negatif yang berfokus pada bagaimana suatu produk tiba setelah pengiriman pabrik. Maka dari itu Anda juga harus pintar-pintar untuk membedakan jika ada ulasan negative, apakah itu kesalahan dari pabrik atau memang kesalahan yang terjadi saat pengiriman. Periksa pula apakah penjual menjawab ulasan tersebut dengan memberikan solusi.


4. Jangan Tergiur Dengan Tampilannya


parati.com.ar


Penjual tanaman hias pasti menampilkan tanaman yang akan ia jual secara online dengan sedemikian rupa agar menarik minat pembelinya.

Dengan demikian, jangan mudah tergiur dan menjadikan standar penampilan menjadi factor utama saat membeli sebuah tanaman. Hal utama yang perlu dicek sebenarnya adalah pastikan tanaman itu sehat, tidak ada potensi busuk akar, dan tumbuh dengan proses yang baik.




Foto teaser: thelolla.com

Teks oleh: Asyifa Ar'rifqu H.P