Bagi Anda yang senang membaca buku, koleksi buku di rumah cepat atau lambat pasti akan menumpuk. Jika dibiarkan, itu akan memberikan kesan ruangan yang tidak rapi. Mengorganisir koleksi buku-buku Anda di rumah, tidak hanya membuat ruangan tampak lebih rapi, tetapi juga bisa menambah nilai dekorasi dan memudahkan Anda menemukan buku bacaan berikutnya. Inilah 8 cara favorit merapikan buku ala Alacasa yang bisa Anda sontek dirumah!


1. Susun buku berdasarkan warna


(Photo by Vladimir Mokry on Unsplash)





Salah satu cara merapikan buku paling populer adalah dengan menyusun koleksi buku berdasarkan warna sampul. “Ini adalah cara terbaik untuk membuat lemari buku Anda terlihat lebih rapi sekaligus menambahkan pop of color pada ruang tamu atau ruang belajar Anda,” kata Tanya Willock dan Temidra Willock-Morsch, creators dan owners toko souvenir dan desain di New York City. Plus, menyusun buku berdasarkan warna juga bisa sangat memanjakan mata. Jadi, makin semangat membaca buku, kan?


2. Susun buku dari tinggi ke rendah


(Photo by Polina Zimmerman on Pexels)


Seringnya, buku-buku dengan ukuran yang lebih kecil mudah terselip di antara tumpukan koleksi buku Anda. Akibatnya, Anda pun akan kesulitan untuk mencarinya saat ingin dibaca. Nah, menyusun buku berdasarkan tingginya mungkin adalah cara yang tepat untuk Anda. 


Secara terpisah, Anda bisa mengelompokkan antara buku-buku yang lebih tinggi dan yang lebih kecil. Atau, susun koleksi buku dari yang tinggi ke yang kecil secara berurutan seperti anak tangga. Ini akan menambah nilai estetika pada ruangan tersebut sekaligus memudahkan Anda saat ingin mencari buku bacaan. 


3. Susun buku berdasarkan genre


(Photo by Raphael Brasileiro on Pexels)


Cara lainnya untuk mengatur koleksi buku Anda adalah dengan menyusunya berdasarkan genre buku. Kelompokkan buku-buku dengan genre yang sama, misalnya novel misteri dengan novel misteri lainnya, novel non-fiksi dengan novel non-fiksi lainnya, dan seterusnya. Ini adalah cara yang bagus jika Anda sering memilih buku bacaan sesuai dengan genre yang Anda inginkan. 


4. Susun buku berdasarkan abjad


(Photo by cottonbro on Pexels)


Jika Anda ingin mengorganisir koleksi buku dengan sangat teratur, Anda bisa menyusun buku-buku berdasarkan abjad nama penulisnya. Ini memudahkan Anda untuk menemukan buku apa yang ingin Anda baca, dengan cepat.


5. Susun buku secara horizontal dan vertikal


(Jenna @jennareadsbooks / Instagram)


Tidak semua buku harus disusun secara vertikal. Tetapi, Anda bisa menata koleksi buku secara vertikal dan horizontal bergantian di dalam satu lemari buku. Ini akan membuat lemari buku Anda terlihat lebih menarik, dan tentu saja lebih rapi. 




6. Menumpuk buku di sudut ruangan


(Photo by Asal Lotfi on Unsplash)


Anda bisa menumpuk beberapa koleksi buku Anda di sudut atau samping tempat tidur, yang tidak hanya dapat menambah kesan eclectic rustic ke dalam ruangan, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengurutkan buku yang ingin dibaca selanjutnya. 


7. Gunakan rak dinding


(Heather @theliteraturearchive / Instagram)


Jika Anda ingin memajang koleksi buku favorit Anda tetapi tidak memiliki cukup space untuk lemari buku, pertimbangkan untuk menggunakan rak dinding. Dengan begini, koleksi buku Anda tetap tertata rapi meskipun tidak banyak space yang tersedia. 


8. Menggabungkan antara koleksi buku dan koleksi pajangan


(Photo by Mindspace Studio on Unsplash)


Anda tidak perlu mendedikasikan seluruh lemari atau rak hanya untuk buku, terlebih jika Anda lebih gemar membaca buku elektronik, dan/atau hanya memiliki sedikit koleksi buku fisik. Nah, untuk itu Anda bisa memaksimalkan fungsi lemari, tak hanya untuk koleksi buku tetapi juga koleksi pajangan atau tanaman hias Anda. 


“Secara visual, cara merapikan buku satu ini juga akan membuat tampilan menjadi lebih menyenangkan dan menarik,” kata Tanya Willock dan Temidra Willock-Morsch. 




(Teaser: Photo by cottonbro on Pexels)