Harper’s BAZAAR Indonesia kembali hadir pada 5 Agustus 2022 lalu dan menampilkan BAZAAR Fashion Festival (BFF) yang sempat tidak diadakan selama beberapa tahun terakhir yang dikarenakan adanya pandemi panjang. Mempersembahkan OPPO BAZAAR Fashion Festival. Pada tahun ini, BFF memberikan apresiasi kepada para desainer, brand, serta pegiat dan pelaku fashion tanah air. OPPO BAZAAR Fashion Festival berlangsung selama 3 hari, tepatnya pada tanggal 5 -7 Agustus 2022 di Senayan City.




BFF menyediakan dua panggung, yaitu Main Stage yang akan dijadikan sebagai panggung utama berbentuk runway untuk menampilkan koleksi secara lebih lengkap dan White Space yang memiliki konsep unik dan menarik, yaitu presentation room yang bernuasa all-white dengan area luas untuk mengakomodir presentasi koleksi yang dapat disesuaikan dengan konsep yang berbeda sesuai dengan kreativitas desainer. Mengenai area Main Stage ini, Ria Lirungan mengatakan, “Bila biasanya main stage dibiarkan terbuka, maka untuk BAZAAR Fashion Festival kali ini dirancang dengan penutup estetis, yang bukan saja indah tetapi juga membuat pencahayaan panggung lebih fokus dan suasana lebih hangat.”


Ria Lirungan, Editor in Chief Harper's BAZAAR Indonesia mengatakan, BAZAAR Fashion Festival (BFF) adalah signature event Harper’s BAZAAR Indonesia yang sejak awal (2013) bertujuan untuk mendukung fashion desainer dan fashion label Tanah Air. OPPO BAZAAR Fashion Festival tahun ini, mengusung tema kearifan lokal dengan mengundang desainer-desainer lokal dengan nama besar, yaitu Bin House, Ghea Fashion Studio, Ghea Resort by Amanda Janna, Hian Tjen, Klamby, Lulu Lutfi Labibi x HARA, Nada Puspita, Sapto Djojokartiko x THE GOOD THINGS, Sonderlab by Adrian Gan, Tangan x Anton Ismael, dan TOTON.




Event ini menjadi sebuah ajang kolaborasi antara desainer terkenal dan desainer muda dalam negeri. BFF juga menjadi platform bagi beberapa brand fashion untuk berinteraksi langsung dengan konsumennya melalui Pop Up Fashion Hub. Sebagian besar dari label tersebut memiliki stockist yang terbatas atau bahkan hanya bisa diakses melalui online.

Beberapa yang berpartisipasi adalah brand: ANW, Rajnik, By Chapelet, Tanah Le Sae, Masshiro & Co dan masih banyak lagi. Masyarakat Indonesia memang makin bangga untuk menggunakan produk lokal. Menurut survei Ipsos Global Trends 2021, di Indonesia 59% konsumen tidak setuju bahwa merek global memiliki produk lebih baik daripada merek lokal. Hal ini selaras dengan data pada survei yang sama bahwa 87% konsumen di Indonesia cenderung memilih membeli produk lokal dibandingkan produk global.

Di antara sembilan show itu terdapat beberapa pagelaran kolaboratif. Seperti koleksi terbaru sekaligus pertama oleh Sapto Djojokartiko yang berkolaborasi dengan THE GOOD THINGS dalam membuat harmonisasi baru. Kolaborasi lainnya adalah sinergi antara Adrian Gan dengan tiga label di bawah Sonderlab yaitu DIBBA, Moneyman, dan Kallarona. Tangan yang bersinergi dengan Anton Ismael, serta Lulu Lutfi Labibi yang berkolaborasi dengan Rara Sekar.




Harper's BAZAAR Indonesia memberikan apresiasi untuk kreativitas dan partisipasi pada semua desainer yang terlibat. Termasuk Bin House, Ghea Fashion Studio, Ghea Resort by Amanda Janna, Hian Tjen, Klamby, Lulu Lutfi Labibi x HARA, Nada Puspita, Sapto Djojokartiko x THE GOOD THINGS, Sonderlab by Adrian Gan, Tangan x Anton Ismael, dan TOTON. Terima kasih ditujukan pada para Siaran Pers — Untuk Disiarkan Segera 2 pendukung: OPPO, Senayan City, Y.O.U Cosmetics, dan UOB Lady’s Card & UOB Lady’s Account by Bank UOB Indonesia. Termasuk pada label-label yang bergabung pada Pop-Up Fashion Hub.

"Tahun ini adalah tahun pertama kami mendukung Harper's BAZAAR Indonesia di OPPO BAZAAR Fashion Festival dan kami sangat senang melihat beragam desainer Indonesia yang melibatkan OPPO Find X5 Pro 5G ke dalam koleksi mereka yang sangat indah. Seperti semua desainer, OPPO telah meluangkan waktu yang tak terhitung jumlahnya untuk membuat smartphone kelas flagship untuk pengguna kami. Dari Marisilicon X Imaging NPU yang kami kembangkan sendiri untuk mencapai video ultra jernih 4k terbaik hingga kolaborasi kami dengan Hasselblad di OPPO Find X5 Pro Series dan yang paling penting, menghubungkan inovasi unik ini dengan pikiran brilian yang dikuratori oleh OBFF untuk menginspirasi semua orang.” Ucap Patrick Owen, selaku Chief Creative Officer OPPO Indonesia. Ia merasa begitu bangga telah mengadakan sekaligus menjadi event spektakuler di OPPO BAZAAR Fashion Festival dengan OPPO Find X5 Pro 5G.




“Merayakan Kemerdekaan Indonesia ke-77, Senayan City kembali menghadirkan Glorify Indonesia dengan tema ‘Kolaborasi’. Salah satu iconic collaborations adalah OPPO BAZAAR Fashion Festival 2022 yang merupakan kolaborasi Senayan City dengan Harper’s BAZAAR Indonesia. Kolaborasi ini adalah salah satu bentuk apresiasi Senayan City kepada para designer dan brand ternama Indonesia, yang secara konsisten terus menampilkan karya terbaiknya tidak hanya di Indonesia tapi juga sampai ke mancanegara. Kolaborasi ini diharapkan dapat terus memberikan inspirasi tren fashion, serta menjadi wadah bagi para pelaku kreatif dalam memajukan industri fashion di Indonesia.” Ucap Halina, selaku Leasing & Marketing Communication Director Senayan City

Pada hari pertama OPPO BAZAAR Fashion Festival akan menampilkan Bin House, Ghea Fashion Studio dan Sapto Djojokartiko. Hari kedua akan menampilkan Klamby, Ghea Resort by Amanda Janna, dan TOTON. Hari terakhir akan diisi oleh Nada Puspita, Hian Tjen yang dipersembahkan oleh UOB Lady’s Card & UOB Lady’s Account by Bank UOB Indonesia, dan OPPO Closing Show oleh Tangan x Anton Ismael, Sonderlab by Adrian Gan, dan Lulu Lutfi Labibi x HARA.

 Sapto Djojokartiko dengan antusias mengatakan, "Acara BAZAAR Fashion Festival #MRAyakanIndonesia ini merupakan show offline pertama kami setelah dua tahun sering berinteraksi online." Koleksi Sapto ini merupakan pre-collection dari koleksi Spring/Summer 2023 milik SAPTO DJOJOKARTIKO. Koleksi Spring/Summer 2023 Pre-collection mengusung banyak detail subtil dengan item statement dan aksesoris dari THE GOOD THINGS. Keseluruhan koleksi didominasi dengan siluet yang nyaman dan santai dengan penataan gaya busana oleh THE GOOD THINGS yang memberikan kesan gaya yang lebih muda dan vibrant.






Hal lain yang sangat menarik adalah karya TOTON, berdiri di atas api. Agar lebih ramah lingkungan, sepuluh busana yang dipamerkan merupakan hasil eksplorasi penggunaan material lama. TOTON juga mencoba memberi makna baru pada hal-hal yang terkesan biasa-biasa saja dengan mengubah konsep desain lama.

Peralatan rumah tangga seperti taplak meja, gorden dan permadani diolah menjadi pakaian yang terinspirasi dari pakaian wanita tradisional Jawa. Bentuk kebaya dan kain panjang dipamerkan dengan memadupadankan dengan busana kontemporer seperti jaket dan celana denim daur ulang. Batik, khususnya batik sogan yang memiliki warna cokelat yang sama dengan kebanyakan pakaian tradisional Jawa, dihadirkan dalam perspektif yang lebih muda dan berbeda. Penyajian koleksi dilengkapi dengan stocking yang dihias dengan adaptasi pola batik yang mengangkangi konsep dasar dua koleksi pertama.




Salah satu acara yang paling dinanti adalah Ghea Resort milik Amanda Janna. Amanda Gratiana PD Soekasah dan Janna Soekasah Joesoef tertarik dengan gaya hidup Aborigin Mentawai yang sangat dekat dengan alam dan muncul dengan ide menarik untuk merancang koleksi resor Ghea terbaru oleh Amanda Janna yang disebut The Last Roar, Juga mengangkat isu deforestasi dan konservasi harimau sumatera di Indonesia. Tanda tangan merek dalam mengangkat elemen bernuansa hutan kini semakin menarik dalam siluet bergaya yang mudah, modern dan elegan.

Pertunjukan lainnya adalah Ghea Fashion Studio. Sebagai bab pertama dari buku Ghea Panggabean "Asian Bohemian Fashion: Tradisi Indonesia Menjadi Fashion", merayakan 40 tahun karirnya, daya pikat kain Jumputan telah menjadi bintang pertunjukan. Perancang akan bekerja dengan tokoh senior untuk menampilkan instalasi dan kreasi kain dengan tema khasnya, Jump Butan, dalam tata letak yang imersif.

Rangkaian program Glorify Indonesia ini dapat dinikmati pengunjung Senayan City mulai dari 1 – 31 Agustus 2022. OPPO BAZAAR Fashion Festival 2022 didukung oleh OPPO, Y.O.U Cosmetics, dan UOB Lady’s Card & UOB Lady’s Account by Bank UOB Indonesia.


Foto Teaser: Media BAZAAR Fashion Festival
Teks oleh: Asyifa Ar'rifqu H.P