Berkaitan dengan HUT RI ke-77 Samsung Elektronik meluncurkan Samsung BESPOKE Refrigerator dan AirDresser dalam jumlah terbatas yang berkolaborasi bersama dua ilustrator Indonesia untuk menuangkan karya seninya pada produk tersebut yaitu Kathrin Honesta yang terkenal melalui karyanya yang pernah tampil di Google Doodle pada HUT RI 2021, dan juga Rachel Ajeng.







Dengan mengangkat tema kekayaan budaya, alam hingga cerita rakyat Indonesia perangkat elektronik ini tersedia dalam tiga pilihan ilustrasi. Kathrin membuat dua ilustrasi yaitu Butterfly Garden (Taman Kupu-kupu) dengan paduan warna Glam Navy dan Glam Pink serta terinspirasi dari batik terang bulan, dan Timun Mas dengan paduan warna Satin Skyblue dan Satin Beige yang dikombinasikan dengan pola dan elemen batik. Sedangkan Rachel membuat satu ilustrasi yang berjudul Reimagine Indonesia yang terinspirasi dari keindahan Indonesia.






Kathrin menjelaskan “Ini pertama kalinya saya menuangkan karya ke dalam peralatan elektronik dan saya merasa konsep panel kustom Samsung BESPOKE merupakan kanvas yang menarik untuk berkarya. Untuk panel tunggal seperti BESPOKE AirDresser dapat memilih ilustrasi Butterfly Garden yang bernuansa pastel, interpretasi modern saya akan pola flora dan fauna pada batik. Kemudian saya memanfaatkan keempat panel Samsung BESPOKE Refrigerator Multidoor untuk merangkai kisah Timun Mas, mulai dari kelahiran hingga perjalanan hidupnya, dan berakhir pada pertarungannya dengan Buto Ijo. Masing-masing panel memiliki cerita sendiri, menampilkan scene paling ikonik dalam cerita rakyat tersebut, dan keempatnya akan membentuk sebuah cerita yang utuh ketika disatukan."


Selain desainnya yang menarik Samsung BESPOKE juga sekaligus menjadi real life solution bagi penggunanya. Memiliki keunggulan kapasitas yang lebih luas hingga dapat menampung bahan makanan lebih banyak, serta telah menggunakan teknologi Triple Cooling untuk menjaga kesegaran bahan makanan lebih lama dan dapat dihubungkan dengan aplikasi SmartThings sehingga dapat mengatur melalui smartphone.


Sumber foto: SAMSUNG
Teks Oleh: Raissa Ghina Putrianda