Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang sangat menyebalkan; bisa menimbulkan rasa gatal di mana pun mereka menggigit Anda. Salah satu cara yang mungkin terpikirkan untuk mengusir nyamuk di rumah adalah dengan menggunakan obat pengusir nyamuk. Tapi… ternyata adalah satu cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengusir nyamuk di rumah, yakni dengan meletakkan tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah. 


Berikut adalah 11 tanaman yang bisa Anda tanam di sekitar rumah, yang tidak hanya cantik, tetapi juga dapat membantu mengusir nyamuk. 





1. Serai


(Photo by Chandan Chaurasia on Unsplash)


Sudah tidak mengejutkan lagi mengingat bahwa serai adalah salah satu bahan alami populer untuk mengusir nyamuk. Faktanya, sebuah penelitian tahun 2011 dalam Malaria Journal, telah menunjukan bahwa serai memiliki aroma kuat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Itulah mengapa, banyak produk obat pengusir nyamuk yang menggunakan serai sebagai bahan utamanya. 


Meskipun begitu, aroma kuat yang dihasilkan serai sangat menenangkan dan menyenangkan sehingga bisa menjadi wewangian alami di rumah. 


2. Lavender


(Photo by Julia Avamotive on Pexels)


Satu lagi tanaman yang terkenal baik untuk mengusir nyamuk di rumah, yaitu lavender. Mungkin kedengarannya sulit dipercaya karena aroma lavender begitu menyenangkan dan menenangkan bagi kita, tetapi ternyata nyamuk tidak tahan dengan aroma tanaman ini. Seperti yang dibuktikan satu penelitian tahun 2019 dalam Malaria Journal, menunjukkan bahwa lavender mampu mengusir sebagian besar spesies serangga, termasuk nyamuk. 


3. Marigold


(Photo by Serhii Volyk on Pexels)


Meskipun tidak sepopuler dua tanaman pengusir nyamuk sebelumnya, tetapi tanaman marigold juga dipercaya efektif mengusir nyamuk di rumah. Ini karena, marigold mengandung beberapa senyawa, salah satunya senyawa pyrethrum,  yang bisa menjadi racun bagi nyamuk dan beberapa jenis serangga. 


Sama halnya dengan tanaman pengusir serangga lainnya, aroma kuat dari bunga marigold juga tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya. Plus, tanaman ini menghasilkan bunga indah dan berwarna-warni yang bisa mempercantik pekarangan rumah Anda. 


4. Rosemary


(Photo by Karolina Grabowska on Pexels)


Selain bisa memperkuat rasa saat dicampur ke dalam masakan, tapi juga berfungsi ganda untuk mengusir nyamuk yang efektif, seperti yang dibuktikan dalam penelitian terbaru di Journal of Physics Conference Series. Bukan tanpa alasan, daun rosemary mengandung aroma dan minyak yang tidak disukai oleh nyamuk, sehingga bisa sangat efektif untuk mengusir nyamuk di rumah. 


5. Basil


(Photo by Ron Lach on Pexels)


Tak kalah dari daun rosemary, daun basil juga telah dibuktikan efektif untuk mengusir nyamuk. Selain aromanya yang kuat dan tidak disukai nyamuk, daun basil juga memiliki senyawa yang merupakan racun bagi jentik nyamuk, yang bisa mengurangi populasi nyamuk di rumah Anda.


6. Daun Mint


(Photo by Cottonbro on Pexels)


Daun mint adalah tanaman yang juga efektif mengusir nyamuk di rumah. Pasalnya, daun mint mengandung zat menthol, bahan aktif yang mampu melawan nyamuk dan serangga, serta memiliki sifat biosidal yang membantu mengusir tungau, nyamuk, dan berbagai hama lainnya. 


Selain mampu mengusir nyamuk, daun mint juga memilki banyak manfaat kesehatan, seperti meredakan sakit kepala, membantu tidur lebih nyenyak, hingga mengatasi gangguan pencernaan. 




7. Catnip


(calloways.com)


Jurnal Medical and Veterinary Entomology menjelaskan bahwa nyamuk membenci catnip, sehingga sempurna untuk tanaman pengusir nyamuk. Hal ini karena, tanaman ini mengandung zat yang disebut nepetalactone, yang bisa membuat nyamuk dan serangga enggan mendekat. Itu artinya, meletakkan tanaman ini di sekitar rumah bisa mengurangi jumlah nyamuk di rumah. 


8. Geranium


(dawsonsgardenworld.com.au)


Belakangan, nama tanaman geranium mulai dikenal sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk yang baik. Bagaimana tidak, geranium memiliki aroma seperti serai dan lemon, yang membuat nyamuk enggan untuk mendekat. Bahkan, ??aroma yang kuat yang dihasilkan tanaman ini juga tidak disukai oleh jenis serangga lain. 


9. Lantana


(Photo by Sami Aksu on Pexels)


Bunga Lantana telah dibuktikan efektif dalam mengusir nyamuk. Sebuah laporan dalam The Journal of American Mosquito Control Association, menemukan bahwa ekstrak Bunga Lantana dapat memberikan perlindungan dari nyamuk Aedes & Aegypti hingga 94 persen selama kurang lebih dua jam. Plus, bunga ini juga memiliki warna bunga yang cantik sehingga bisa sekaligus mempercantik rumah Anda. 


10. Eucalyptus


(Photo by Teona Swift on Pexels)


Sudah sejak lama, tanaman Eucalyptus, terutama Eucalyptus globulus dan Eucalyptus citriodora, dipercaya sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik. Aroma kuat yang dihasilkan tanaman ini mampu ??mengusir nyamuk, lalat, dan beberapa serangga lainnya. 


11. Lemon balm


(amazon.com)


Lemon balm mengandung senyawa yang disebut citronellal, yang mampu mengusir nyamuk. Aroma lemon dari lemon balm juga tidak disukai nyamuk, sehingga pilihan sempurna untuk tanaman pengusir nyamuk di rumah. Namun, hati-hati saat menanam lemon balm di pekarangan rumah, karena sifatnya yang invasif. Tanaman ini dapat menyebar dengan cepat setelah ditanam, jadi yang terbaik adalah menanam tanaman ini di dalam pot. Kemudian, meletakkannya di teras rumah Anda untuk mengurangi jumlah nyamuk di rumah. 





(Teaser: Photo by Teona Swift on Pexels)