Seremonial pembukaan Art Jakarta 2022 yang dilaksanakan pada Jumat, 26 Agustus 2022 lalu menampilkan pertunjukan orchestra yang membawakan beberapa lagu, serta penyampaian pidato dan kegembiraan yang disampaikan beberapa figur penting.







Hilmar Farid selaku Direktur Jenderal Kebudayaan mengungkapkan "Kembali digelarnya Art Jakarta adalah sinyal penting bagi pemulihan ekosistem seni rupa di Indonesia yang selama ini bergulat dengan kesulitan era pandemi. Ini menunjukkan bahwa seni rupa memainkan peranan pelopor dalam upaya pemulihan nasional. Semoga pameran ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan.”




Pameran yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut melibatkan 62 galeri lokal dan mancanegara yang telah terkurasi, dengan 39 galeri berasal dari Indonesia dan 23 galeri dari mancanegara pada segmen utamanya yaitu Art Jakarta Gallery.


Museum of Toys

Salah satu karya menarik yang ada pada Art Jakarta 2022 lalu ini merupakan karya Simone Legno, seniman asal Itali dan merupakan pencipta brand Tokidoki. Karyanya ini merupakan salah satu bentuk selebrasi lintas budaya dengan cara menginterpretasikan Kuda Lumping pada dunia Tokidoki.






Tak kalah unik dan menarik segmen NFT "Work in Progress" dari The Monday Art Jakarta Club berkolaborasi dengan 12 seniman yang dibagi menjadi 3 kelompok. Memberikan pengalaman proses pembuatan NFT sebelum menjadi karya seni yang dapat disaksikan oleh pengunjung secara langsung.




Mendekatkan dan memperkenalkan seni pada anak merupakan misi UOB Indonesia yang merupakan mitra utama Art Jakarta 2022, membuat segmen khusus area bermain untuk anak-anak yang bertujuan untuk mengasah kreativitas yaitu Art Jakarta Play yang dirancang khusus oleh Meliantha Muliawan seorang pemenang UOB Painting of The Year 2021. Pada segmen ini pengunjung dapat mewarnai sayap kupu-kupu yang nantinya dapat dipajang pada segmen tersebut.


Sumber foto: Art Jakarta
Teks oleh: Raissa Ghina Putrianda