Tahukah Anda bahwa elemen interior yang penting itu tidak hanya sekadar kursi dan meja? Karpet adalah salah satu elemen interior yang dapat mengubah mood ruangan secara instan. Sebuah ruangan tanpa karpet akan terasa kosong, namun jika Anda meletakkan karpet, ruangan Anda bisa terasa hidup. Kuncinya adalah bagaimana Anda memilih motif dan warnanya. Jangan lupa sesuaikan dengan konsep desain ruangan keseluruhan.







Seiring berkembangnya zaman, karpet bukan hanya sekadar alas lantai saja, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang bisa mengekspresikan diri serta elemen penting dari sebuah interior untuk mempercantik rumah. Selain ada beberapa banyak pilihan jenis, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan karpet lantai.




Namun, sayangnya industri karpet di Indonesia kurang bisa mengimbangi dengan banyaknya permintaan dari masyarakat ini sendiri. Saat ini belum banyak desainer Indonesia yang berani dan memfokuskan karyanya di desain karpet, terutama young designers. Desainer muda yang berani melakukan eksperimen desain karpet yang mampu menggabungkan nilai seni Indonesia dengan nilai modern.




Kompetisi Rug Design Award 2022 yang diselenggarakan perusahaan karpet handmade premium nasional, Hesitada Group yang berkolaborasi dengan HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) telah menerima karya hingga tanggal 3 Agustus 2022. Berhasil memikat minat beragam kalangan desainer, sekitar 800 pengunjung yang mengunjungi situs pendaftaran lomba dengan jumlah karya didaftarkan sebanyak 50 karya.




Hesitada Group berinisiatif menyelenggarakan Rug Design Award 2022, sebuah ajang kompetisi desain karpet pertama di Indonesia. Kompetisi ini digelar dengan tujuan menyaring bibit-bibit desainer muda berbakat Tanah Air dari kalangan mahasiswa hingga masyarakat umum peminat desain untuk ikut berpartisipasi dalam menciptakan karya desain karpet premium yang diakui secara internasional.






Tama Florentina selaku Founder & CEO Hesitada Group, ingin mulai mengambil langkah awal untuk mendorong minat dan bakat desainer muda Tanah Air untuk mulai berani mengekspresikan diri dan menyalurkan bakatnya dalam memproduksi desain karpet kelas internasional. Kompetisi ini menyediakan total hadiah bagi pemenang senilai lebih dari Rp25 juta, dengan harapan agar Indonesia bisa menjadi salah satu produsen karpet berkelas dunia dengan kualitas dan desain yang tidak kalah bagusnya. 




Kompetisi ini diawali dengan webinar yang diselenggarakan pada tanggal 28 Juni 2022, turut mengundang Eugenio Hendro (industrial designer) dan Tama Florentina (CEO of Hesitada Group) selaku nara sumber serta dimoderatori oleh Luthfi Hasan. Bagi Anda yang tertarik mendengar pembahasan tentang "How To Keep Heritage Alive Through Design", Anda bisa mengunjungi Youtube Moire Rugs.




“Sebagai kompetisi yang baru diselenggarakan, kami menargetkan acara ini dapat diikuti oleh 200 orang peserta. Mengingat banyak sekali pegiat dan peminat desain di Indonesia, kami optimistis target ini dapat tercapai,” terang Tama.




Foto teaser: Moire Bespoke Rugs
Teks oleh: Asyifa Ar'rifqu H.P