Tren makanan sehat atau healthy food sekarang ini makin digemari, terutama di ibukota besar seperti Jakarta. Kesadaran akan hidup sehat dapat dimulai dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang juga sehat. Berikut CASA Indonesia memilih 6 cafe dan restoran yang menyajikan menu sehat di Jakarta yang dapat menunjang gaya hidup sehat Anda. Don't worry be healthy!


1. SNCTRY

ruang makan snctry

Berawal dari pola hidup sehat dan rajin berolahraga, sang pemilik restoran ini gemar membuat ragam menu sehat guna menunjang kesehatan tubuhnya. Kegemarannya berujung dengan membuka healthy bar bernama Snctry di daerah Darmawangsa, Jakarta Selatan.

Meski terbilang cukup kecil, namun interior yang disuguhkan begitu menggemaskan dengan dominasi warna-warna cerah. Sebuah mural di area depan bertema 'Pantai Nanas' mengawali langkah pengunjung sebelum menikmati santapan sehat di Snctry Healthy Bar.

Snctry Healthy Bar


OUR PICKS: Japanese Salad; Coconut Breeze


Alamat:

Jl. Dharmawangsa Raya No.4, RT.1/RW.3, Pulo,

Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160, Indonesia


Instagram: @snctry

2. Epigastro

bar di Epigastro

Terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), kafe Epigastro tak hanya menyajikan beragam menu sehat, namun interiornya juga mendukung hidup sehat.

Hampir di setiap sisi restoran didominasi oleh jendela kaca, sehingga memungkinkan cahaya masuk tanpa hambatan. Nuansa sejuk juga hadir pada wall treatment berkonsep vertical garden.

Terkenal juga sebagai house juice bar, salah satu menu andalan yang patut di coba adalah Mango Tango Smoothies.

Zuchinni Spaghetti Putanesca dan Mango Tango Smoothies di epigastro


OUR PICKS: Zuchinni Spaghetti Putanesca; Mango Tango Smoothies



Alamat:

Jl. Marina Indah Ruko Crown Golf Blok B No.30

Pantai Indah Kapuk, jakarta, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460, Indonesia

T: 021-29523777


Instagram: @epigastro


Baca juga: Tips Hidup Sehat Tanpa Diet dari Dapur Ikea


3. Maple & Oak

tampak luar Maple & Oak


Cute & lovely! Kata-kata yang tepat menggambarkan suasana dari interior restoran karya desainer Dara Setyohadi. Dengan luas yang tak begitu besar, warna-warna pastel serta bentuk geometris segitiga mendominasi ruangan sehingga tampak modern.

Bagian outdoor yang menghadap ke jalan HOS Cokromaninoto, Jakarta Pusat ini dipisahkan dengan trotoar luas serta pohon rindang, memberikan nuansa makan seakan berada di New York. Nikmati brunch dengan santapan sehat seperti Beet Cured Salmon Salad yang di akhiri dengan dessert manis dari Mascarpone Lychee Berry.

Beet Cured Salmon Salad dan Passion Citrus di maple & oak


OUR PICKS: Beet Cured Salmon Salad; Passion Citrus


Alamat:

Jl. HOS. Cokroaminoto No.91, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310, Indonesia

T: 021-3906757

Instagram: @maple.oak



4. Beets & Bouts

tampak dalam Beets & Bouts


Sang pemilik yang sudah menjalani gaya hidup sehat selama 16 tahun ini akhirnya membuka restoran khusus hidangan sehat. Semua resep dan racikan makanan serta minumannya dikreasikan oleh pemiliknya berdasarkan hasil riset sederhana dari bacaan jurnal kesehatan.Interiornya memunculkan konsep modern dan natural dengan memadukan warna putih dan sentuhan elemen hijau di beberapa sudut ruangan.

Tempat yang patut disambangi untuk menikmati smoothie bowl yang sehat dan manis, Glorious Yellow atau semangkuk salad Spring Bowl dengan japanese sesame dressing yang gurih dan diakhiri segelas jus Hee Hee dari daun kale yang menyehatkan.

Spring Bowl dan Hee Hee Smooothies beets and bouts




OUR PICKS: Spring Bowl; Hee Hee Smooothies


Alamat:

Fairgrounds SCBD Sudirman Lot 14 (Basement Level), RT.5/RW.3,

Senayan, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190, Indonesia

T: 0812-8015-9339

Instagram: @beetsandbouts


5. Suwe Ora Jamu

kunyit asam Suwe Ora Jamu

Mengonsumsi minuman alami dan sehat seperti jamu ini juga bisa menjadi pilihan pendamping makanan Anda. Sudah terkenal dari zaman nenek moyang bahwa minuman herbal khas nusantara ini menyimpan banyak khasiat yang baik bagi tubuh.

Jamu dengan kemasan modern dihadirkan oleh Suwe Ora Jamu. Semua ramuan jamu dikemas dalam botol modern yang mudah untuk dikonsumsi sehari-hari. Cobalah meminum jamu Kunyit Asam atau bentuk modernnya yaitu, Kunyit Squash, seketika tubuh Anda akan kembali segar dan fit.

Untuk resep jamu Kunyit Asam dan Kunyit Squash, selengkapnya dapat disimak di Majalah CASA Indonesia edisi III/2017 (Agustus-September).

kunyit squash Suwe Ora Jamu


OUR PICKS: Kunyit Asem; Kunyit Squash


Alamat:

Jl.Petogogan I No.28 B, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kby. Baru,

Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170, Indonesia

T: 021-72790590


Instagram: @Suweorajamu28


Baca juga: 9 Bakery Paling Enak di Jakarta dan Bandung


6. Burgreens

Mighty Mushroom Burger burgreens

Bagi penggemar makanan fast food kadang agak susah ketika harus menjalani gaya hidup sehat dengan clean eating. Namun Anda tidak harus khawatir, karena menu burger dan hotdog dari Burgreens ini 100%sehat.

Walaupun tidak menggunakan bahan dasar daging untuk patty maupun sosisnya, rasanya pun tak kalah nikmat dari burger orisinal. Seperti sosis pada menu Vegan Hotdog yang terbuat dari seitan (daging biji gandum) yang memiliki protein sangat tinggi, begitu juga dengan patty pada Mighty Mushroom yang terbuat dari jamur.

Untuk resep Vegan Hotdog dan Mighty Mushroom, selengkapnya dapat disimak di Majalah CASA Indonesia edisi III/2017 (Agustus-September).


OUR PICKS: Vegan Hotdog; Mighty Mushroom Burger


Alamat:

Jl. Wijaya II No.37, RT.1/RW.5, Pulo, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160, Indonesia

T: 0878-8989-2010


Instagram: @burgreens



FOTO: Dok. CASA Indonesia (artikel ini pernah dimuat di majalah CASA Indonesia Edisi IV/2016 pada rubrik Cafe Review dan Edisi III/2017 pada rubrik Food Art).