Kaca merupakan jenis material penting yang hampir selalu ada di setiap hunian. Kaca memiliki berbagai fungsi salah satunya sebagai tempat masuknya sinar matahari pada ruangan di dalam rumah dan juga sebagai elemen estetis pada desain rumah Anda.

Apakah Anda tahu bahwa kaca memiliki berbagai macam jenis loh! Yuk, simak penjelasan mengenai jenis-jenis kaca yang sudah dirangkum oleh CASA berikut ini.


1. Clear Glass



Jenis kaca yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi bagi Anda! Clear glass merupakan kaca datar yang bersifat transparan.Jenis kaca yang satu ini memiliki kelebihan yaitu dapat membuat objek yang ada di luar terlihat jelas sehingga ruangan terlihat luas namun kekurangnya adalah kurangnya privasi pada ruangan dalam. Kaca jenis ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai eksterior dan bangunan bertingkat, karena kemampuan menahan panas terhadap sinar mataharinya tergolong rendah.


2. Tinted Glass

Architonic

Tinted glass adalah kaca yang diberi tambahan oksidan dari metal yang mengakibatkan jenis kaca ini memiliki berbagai macam warna. Kaca ini memiliki kelebihan yaitu dapat menghindari panas dan sinar matahari sampai 55% sehingga dapat mengurangi beban biayan penggunaan AC di dalam rumah. Dan berbalik dari clear glass, kaca ini juga dapat menjaga privasi ruang hunian Anda. Macam-macam warna dari tinted glass adalah hitam, hijau, abu-abu, biru dan masih banyak lagi.


3. Pattern Glass


odl.com

Pattern glass atau biasa disebut kaca dekoratif merupakan kaca bercorak yang memiliki fungsi sebagai penghias ruangan. Nah biasanya kaca jenis ini sering dijumpai pada interior rumah.Biasanya pattern glass memiliki bebagai macam warna yang dapat mengurangin intensitas matahari yang masuk ke dalam hunian

4. Laminated Glass


Nicky Ward

Jenis kaca ini cocok sekali digunakan untuk area-area yang membutuhkan keamanan lebih. Kaca laminasi dibuat dari beberapa lembaran kaca yang diproses pada tekanan suhu tertentu. Saat pecah, kaca laminasi tidak akan berhamburan. Kaca jenis ini hanya akan terlihat retak pada permukaannya. Laminated glass biasa diaplikasikan pada dinding kolam renang, skylight dan juga sebagai penutup atap.

5. Frosted Glass

The Nordroom

Frosted glass atau biasa dikenal dengan kaca es karena satu bagian dari kaca ini bertekstur dan memiliki efek translucent dan buram yang dihasilkan oleh proses lebih lanjut seperti proses acid etching, sandblasting, kaca tarik, atau dengan laminasi. Jenis kaca ini sangat cocok Anda gunakan pada kamar mandi. 




Kelebihan dari penggunaan kaca ini adalah memberikan privasi sambil menawarkan akses mudah ke sumber cahaya pada rumah Anda. Penggunaan kaca ini bisa dalam berbagai warna sehingga Anda dapat mengubah kaca di jendela eksternal, pintu, dan area lainnya. 


6. Tempered Glass

Tempered glass merupakan kaca yang diproduksi dengan pemanasan hingga 6500 derajat celcius yang kemudian didinginkan dengna cepat. Kelebihan kaca ini adalah memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan kaca-kaca biasa sehingga sangat cocok digunakan sebagai kaca eksterior. Ukuran dan ketebalan tempered glass juga beraga menyesuaikan fungsinya, mulai dari ketebalan 2 mm hingga 19 mm.


Revahouse

Karena memiliki tingkat keamanan dan fungsionalitas yang tinggi, tempered glass menjadi favorit dan mulai banyak diaplikasikan pada berbagai benda yang berbeda-beda.

7. Double Glazzing Glass

Ecovue

Double glazzing glass merupakan jenis kaca pabrikasi yang terbuat dari dua panel kaca dengan rongga udara ditengahnya sehingga kaca inii kerap kali disebut sebagai insulating glass. Rongga udara ditengahnya memiliki peranan yang sangat penting sebagai penurunan panas sehingga kaca ini memiliki kelebihan yaitu mengurangi biata pendinginan ruangan, faktor keamanan karena kaca double glazing sulit untuk pecah/sangat kuat dan meningkatkan isnulasi suara.


8. Mirror Glass 


Mirror glass atau banyak orang menyebutnya one way glass merupakan jenis kaca yang mempunyai lapisan oksida logam melalui proses dualisis. Jenis kaca ini terlihat seperti cermin namun satu sisi lain kaca ini bisa menembus sisi lain. Kaca ini cocok untuk Anda yang ingin menjaga privasi rumah tanpa menggunakan tirai. Jenis kaca ini juga biasanya digunakan untuk membuat skylight pada bagian atap.


Foto Teaser: Revahouse
Teks Oleh: Najwa Chika Salsabila