Tentu saja, keberadaan tikus di rumah sangatlah meresahkan. Ini bisa membuat rumah Anda terkesan tidak bersih, dan bisa menjadi salah satu sumber penyakit. Anda pasti tidak ingin kesehatan anggota keluarga terancam, kan?


Oleh karena itu, sebaiknya Anda cepat-cepat mencari cara untuk mengusir tikus di rumah. Ada banyak cara yang dapat dilakukan, seperti menggunakan perangkap tikus atau kapur barus pengusir tikus. Dan satu lagi, menggunakan tanaman pengusir tikus, yang bisa membuat tikus enggan singgah di rumah Anda. 





Berikut adalah 6 tanaman pengusir tikus yang mengganggu di rumah. 


1. Mint


(Photo by Cottonbro on Pexels)


Daun mint adalah salah satu tanaman yang cukup efektif mengusir keberadaan tikus di rumah. Pasalnya, daun mint memiliki aroma kuat yang tidak disukai oleh serangga, nyamuk, tikus, dan hama lainnya. Anda bisa menanam tanaman pengusir tikus ini di pekarangan rumah yang biasanya menjadi tempat tikus berada.


2. Lavender


(Photo by Joyce Toh on Pexels)


Dua alasan utama banyak orang menanam lavender yaitu antara aroma bunganya yang menenangkan dan menyenangkan, serta warna bunganya yang cantik. Tetapi siapa tahu, jika tanaman ini ternyata adalah pilihan tanaman pengsuir tikus terbaik. Sebuah penelitian membuktikan bahwa aroma kuat dari lavender mampu mengusir tikus dan serangga di rumah. 


Anda dapat menanam tanaman lavender di sekitar rumah tempat tikus biasa bermain, atau Anda bisa memotong beberapa batang lavender dan menyimpannya di beberapa sudut rumah. 


3. Sage


(Angelina @sage_a_day on Instagram)


Tanaman pengusir tikus lainnya yang bisa ditanam di pekarangan rumah adalah tanaman Sage. Selain bisa difungsikan sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang indah, tetapi ternyata tanaman sage juga ampuh dalam mengusir keberadaan tikus di rumah. Bukan tanpa alasan, tanaman ini mengeluarkan aroma kuat dan khas yang, meskipun menyenangkan dan menenangkan bagi manusia, tetapi sangat tidak disukai oleh tikus. 


Letakkan tanaman sage pada sudut atau area rumah yang sering dilewati oleh tikus. Dengan begitu, tikus menjadi enggan lewat apalagi masuk ke dalam rumah. 


4. Tanaman bawang merah & bawang putih


(Alison @alkopea on Instagram)




Selain bisa memperkuat rasa masakan, bawang merah dan bawang putih juga berfungsi ganda yakni mampu mengusir tikus secara efektif. 


Seperti yang diketahui, baik bawang putih maupun bawang merah, keduanya memiliki aroma kuat dan menyenangat. Tikus sangat tidak tahan dengan aroma itu, dan akan menghindari area di mana tanaman bawang-bawangan ini ditanam.


5. Tanaman Bintaro


(Erly Ayu Herianti @erlyplants on Instagram)


Anda bisa mengusir keberadaan tikus di rumah dengan menanam tanaman Bintaro di pekarangan rumah. Buah tanaman Bintaro mengeluarkan aroma kuat dan bisa menjadi racun bagi tikus, sehingga sangat ampuh membuat tikus enggan mampir ke rumah Anda.


6. Tanaman Sirsak


(Amazon.com)


Tak hanya memiliki sejumlah manfaat kesehatan, ternyata tanaman sirsak juga bermanfaat untuk mengusir tikus di rumah. Adapun, bagian dari pohon sirsak yang bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus adalah daunnya. Hal ini karena, daun tanaman sirsak memiliki aroma menyengat yang sangat tidak disukai tikus. 


Anda dapat merobek daun sirsak dan meletakkan di beberapa sudut rumah, sehingga tikus pun tidak ingin mendekat apalagi masuk ked alam rumah. 





(Teaser: Photo by Joyce Toh on Pexels)