Sebagai stadium besar dan prestisious di Korea Selatan yang jadi tempat banyak penyanyi dan band/grup— tidak hanya dari Korea Selatan tetapi juga dunia— menggelar konser, tak heran jika banyak para penggemar yang tertarik untuk mencari tahu lebih banyak mengenai Olympic Stadium Seoul. 


Olympic Stadium Seoul adalah stadium terbesar di Korea Selatan, yang juga dikenal dengan Jamsil Olympic Stadium. Ini adalah stadium utama yang dibangun untuk Asian Games ke-10 1986 dan Summer Olympics 1988. Olympic Stadium Seoul mampu menampung hingga hampir 70 ribu penonton. Bisa dikatakan, stadium ini adalah tempat impian bagi banyak penyanyi dan band/grup, khususnya asal Korea Selatan, untuk menggelar konser. 





Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta menarik Olympic Stadium Seoul, antara lain:


Desain Olympic Stadium Seoul


(Photo by Arne Müseler / Cityseeker.com)


Olympic Stadium Seoul dirancang oleh arsitektur ternama Korea Selatan, Kim Swoo-geun, yang diakui sebagai kontributor penting dalam sejarah arsitektur Korea. Pembangunan stadion baru dimulai pada tahun 1977, dan cecara resmi dibuka pada 29 September 1984. Fasad stadium ini terinspirasi pada lekukan elegan porselen Dinasti Joseon Korea. 


Biaya Pembangunan


(english.visitkorea.or.kr)


Menjadi stadium megah di Seoul, Korea Selatan, dibangun dengan total biaya 491 miliar won atau sekitar 5,41 triliun rupiah. Olympic Stadium Seoul termasuk ke dalam stadium dengan biaya pembangunan yang paling mahal. 


Tempat upacara pembukaan dan penutupan ajang olahraga internasional


(Dynamic Korea on Youtube)


Seperti yang diketahui, Olympic Stadium Seoul dibangun untuk gelaran Asian Games ke-10 1986 dan Summer Olympics 1988. Baik untuk Asian Games ke-10 1986 dan Olimpiade 1986, Olympic Stadium Seoul digunakan untuk upacara pembukaan dan penutupan. Dan, Selama Olimpiade 1988, Olympic Stadium Seoul juga digunakan untuk sepak bola putra, semua cabang atletik, serta final individu lompat berkuda. 


Namun, sejak saat itu, stadion ini belum pernah lagi digunakan untuk menggelar ajang olahraga internasional.


Pertandingan sepak bola 


Pertandingan sepak bola pertama yang diadakan oleh Stadion Olimpiade Seoul adalah pertandingan persahabatan internasional antara Republik Korea Selatan dan Jepang. Pertandingan itu diadakan pada 30 September 1984 dan dimenangkan oleh Jepang dengan selisih 2-1.


Setelah itu, beberapa kali Olympic Stadium Seoul menjadi tempat pertandingan sepak bola internasional, seperti pertandingan sepak bola melawan Yugoslavia tahun 2000, dan untuk Piala Asia Timur EAFF tahun 2013. 




Tempat Konser


(Jin, Jungkook, J-Hope, Jimin, RM / @jin on Instagram)


Beberapa nama besar penyanyi/grup dunia dan Korea Selatan pernah menjadikan Olympic Stadium Seoul sebagai tempat untuk menggelar konser. 


Penyanyi legendaris dunia, Michael Jackson, menjadi penyanyi pertama yang menggelar konsernya di stadium ini pada tahun 1996 dan 1999. Lalu, H.O.T yang menjadi first K-pop idol group yang menggelar konser di Olympic Stadium Seoul. 


Nama penyanyi/grup besar lainnya yang juga pernah menggelar konser di stadium ini, seperti Ricky Martin, Elton John, Backstreet Boys, Metallica, Lady Gaga, Muse, Eminem, Coldplay. 


Pada tahun 2017, salah satu boy grup besar asal Korea Selatan, EXO, menggelar konser mereka di Olympic Stadium Seoul dalam rangka EXO Planet #3 – The Exo'rdium Tour. 


Kemudian, pada tahun 2019, boyband paling sukses secara global, BTS, juga pernah mengakhiri konser final dari rangkaian Love Yourself World Tour: Speak Yourself di Olympic Stadium Seoul. Dan, pada tahun 2022 menggelar konser Permission to Dance on Stage – Seoul di stadium yang sama. 


Selain nama-nama besar yang sudah disebutkan, penyanyi/boy grup besar asal Korea Selatan lainnya, NCT dan IU, juga menggelar konsernya di Olympic Stadium Seoul pada September 2022. Bahkan, IU menjadi penyanyi wanita pertama yang akan menggelar konsernya di stadium megah ini. 





(Teaser: Jin, Jungkook, J-Hope, Jimin, RM / @jin on Instagram)