Kossmanndejong sebagai Agensi design yang dikenal akan kepiawaiannya dalam merancang desain tata ruang naratif, membuka Roman Villa Museum untuk merasakan experience berada di Inggris 1600 tahun yang lalu, melalui rekonstruksi replika seperti aslinya di masa itu.







Museum yang dibuat kali ini berbeda

Sebelumnya, Kossmanndejong mendesain museum tentang berkebun dan lebah untuk cultural institutions. Kali ini dengan privately-funded project.  


Kossmanndejong berkolaborasi dengan Southwest Heritage, sejarawan, arkeolog, dan pakar pipa kuno lainnya untuk membangun rekonstruksi replika The Villa Ventorum. Dengan begitu, pengunjung merasakan keadaan asli dalam kehidupan sehari-hari seorang Romawi Inggris di abad ke-4.




Replika dibuat sesederhana mungkin untuk dinikmati pengunjung dari berbagai kalangan, dari spesialis sejarawan hingga generasi Z.




Keseruan Roman Villa Museum terdiri dari dua bagian, Museum yang penuh dengan informasi sebagai pengantar ke Villa Ventorum, dan benda-benda asli yang ada di rekonstruksi The Villa Ventorum




These Walls Can Talk

Anda akan merasakan seperti di tahun 351 M dengan layar yang diproyeksikan 180° di dinding Museum. 



Semakin Anda menelusuri dan mengaktifkan film, animasi, cerita audio (yang dikontrol lokasi), kacamata VR, dan permainan interaktif, maka semakin banyak cerita yang Anda temukan.






Akan tergambarkan dengan jelas bagaimana kehidupan sehari-hari di Inggris pada masa itu. Pengunjung dapat merasakan seolah-olah hidup di masa Inggris Romawi seperti berpartisipasi dalam upacara pernikahan, pesta, hingga merancang koin.




Dindingnya juga menyimpan bukti arkeologis dari vila asli, seperti lantai mosaik. Ketika Anda memasuki Villa Ventorum setelah kunjungan museum, Anda akan melihat rekonstruksi lantai mosaik ini dan artefak lainnya dalam konteks aslinya.




Blurring The Barriers Of Time

Melalu audio yang berputar ditiap lokasi, akan mengintegrasikan suara dan cerita dengan mulus saat pengunjung mengunjungi vila, membuat seolah-olah pengunjung berada disituasi yang real.




Anda dapat mengunjungi Roman Villa Museum sebagai pengunjung biasa atau sekalian menginap di hotel di The Newt, Somerset. Museum ini dapat Anda kunjungi tanpa batasan waktu, karena ini akan menjadi museum permanen.


Sumber Foto: Kossmanndejong
Ditulis Oleh: Putri Rahma Safhira