Setelah sukses merilis piano SR1928-The Awakening yang membanggakan Indonesia, Raul Renanda membuka pameran tunggal bersama Bottega & Artisan.




arsitek gedung teater tim ini mengusung nama pameran architect unleashed sebagai makna bahwa karya yang dipamerkan di luar arsitektur dan interiornya. namun, karyanya ini tetap terinspirasi dari profesinya sebagai seorang arsitek dengan bentuk dan pendekatan proses selayaknya proyek arsitektur.





mengusung abstract expression

hal ini didasari karena kesibukannya sebagai desainer, ia harus bergelut dari segi teknologi, teknik membangun, dan keinginan klien. ekspresi yang raul inginkan bebas tanpa hambatan dan tantangan di dunia arsitektur ini menjadi 'body of work' atau karakter utama dari karya seni lukisnya yang berada di lantai dua.




Baca juga, Membanggakan! Piano Terbaik Dunia Buatan Indonesia 


Tiga Karya Hasil Kolaborasi

Di lantai satu, Anda langsung menemukan SR1928-The Awakening yang sophisticated. Di desain oleh Raul Renanda dengan ‘wong’ Aksan Sjuman sebagai ahli pembuat piano serta Saniharto sebagai pembuat badan piano yang terbuat dari kayu.




piano ini terinspirasi dari kongres pemuda 2 di tahun 1928 yang merupakan cikal bakal sumpah pemuda dan peristiwa diperkenalkan pertama kalinya lagu indonesia raya.





baca juga, pameran desain terbesar, casa indonesia 2017, dibuka!

pada pameran casa indonesia 2017, raul renanda mempersembahkan grand concert acoustic piano sr1928 dalam designer showcase dan sekarang dibawakan secara live saat opening pameran ini.



selain itu, ada replika yacht yang dibuat karena proyek ini masih dalam tahap penggarapan bersama firman santoso dan nino krisna. 




Dan juga produk pertama dari brand milikinya bersama Aksan Sjuman yaitu speaker monitor LSR juga ikut memeriahkan pameran ini.




Raul Renanda dengan Teknologi

Menjadi rahasia umum ketertarikan Raul dengan seni musik hingga teknologi. Ada dua artwork yang digabung oleh teknologi pada pameran ini, artwork pertama menggunakan mesin untuk memberi coretan kuas di atas canvas dan yang kedua dengan 3D modelling yang di cetak dan kemudian digabungkan dengan cat minyak. Bahkan ada yang dikembangankan menjadi 111.111 buah impact-NFT.




Selain showroom di lantai satu dan dua, Bottega & Artisan juga memperkenalkan event space The Platform di lantai tiga. Kehadiran The Platform membawa misi untuk mewadahi para insan desain sekaligus seniman Tanah Air. 



Sumber Foto: AlaCASA
Ditulis Oleh: Putri Rahma Safhira