Wastafel mampet adalah masalah yang cukup sering terjadi di rumah. Itu sangat menyebalkan, tidak enak dilihat, dan tidak bersih. Penyebab utamanya adalah endapan kotoran yang menumpuk di pipa pembuangan. 


Melihat hal itu, secara otomatis Anda mungkin akan langsung menghubungi tukang ledeng untuk menyelesaikan masalah wastafel mampet ini. Tapi tunggu dulu, ternyata ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi wastafel mampet di rumah. 


Berikut ini beberapa cara mengatasi wastafel mampet, dari cara yang paling sederhana hingga cara yang sedikit lebih rumit:


1. Menggunakan air mendidih


(photo by barbara webb on pexels)

air mendidih dapat membantu melonggarakan sumbatan pada pipa pembuangan wastafel. ini adalah cara termudah untuk mengatasi masalah wastafel tersumbat di rumah. akan tetapi, cara ini sebaiknya tidak diterapkan jika anda memiliki pipa pvc atau plastik. alih-alih melonggarkan sumbatan, air mendidih justru dapat merusak dan melelehkan pipa saluran pembuangan anda, yang dapat menyebabkan kebocoran pipa. 


jika anda memiliki pipa logam, anda dapat mencoba melonggarkan sumbatan pada pipa pembuangan dengan air panas (sangat panas). tuangkan secara perlahan air panas yang baru saja mendidih langsung ke lubang pembuangan wastafel anda. tunggu selama beberapa menit sampai air panas melarutkan endapan kotoran dan melonggarkan sumbatan. 


2. menggunakan baking soda dan cuka


(photo by freepik)


jika tingkat keparahan penyumbatan wastafel anda tergolong ringan, anda dapat menggunakan campuran soda kue dan cuka untuk mengatasi wasfatel yang mampet dengan lebih efektif. caranya:


  • singkirkan genangan air dari wastafel mengunakan mangkuk atau gayung. 
  • tuangkan satu cup baking soda ke saluran pembuangan wastafel
  • tuangkan satu cup cuka ke saluran pembuangan
  • tutup saluran pembuangan dengan tutup sumbat pembuangan wastafel, dan tunggu selama 5 hingga 10 menit.
  • lepaskan tutup sumbat pembuangan wastafel dan alirkan air keran—disarankan air panas— ke saluran pembuangan


3. gunakan plunger


(grainger.com)


plunger atau alat penyedot tidak hanya bagus untuk mengatasi masalah toilet mampet saja, tetapi juga wastafel tersumbat. gunakan jenis cup plunger untuk mengatasi masalah wastafel mampet di rumah.  


pertama-tama, buatlah genangan air pada wastafel anda. lalu, tempatkan cup plunger di atas lubang pembuangan wastafel. pompa cup plunger ke atas dan ke bawah sebanyak yang dibutuhkan untuk mencoba melonggarkan dan menghilangkan sumbatan. setelah itu, alirkan air keran ke saluran pembuangan selama beberapa menit untuk melarutkan sumbatan. 


4. gunakan sink auger 


(lowes.com)


jika cup plunger tidak berhasil menghilangkan sumbatan pada saluran pembuangan wastafel anda. coba gunakan sink auger, atau disebut juga dengan drain-cleaning snake, untuk mengatasi penyumbatan yang membandel. 


jika tidak memilikinya, anda bisa menggunakan alat apapun yang berukuran panjang dan tidak terlalu besar sehingga bisa menjangkau bagian dalam lubang pembuangan. misalnya saja, drain stick.




rentangkan kabel sink auger ke lubang pembuangan. saat anda merasakan kabel telah mencapai penyumbatan, kemudian putar ujung kabel hingga sumbatan terasa melonggar. saat anda memutar kabel sink auger, tu akan menangkap sumbatan sehingga anda dapat menariknya keluar dari pipa. alirkan air ke saluran pembuangan selama beberapa menit untuk melarutkan sisa sumbatan. 


5. bersihkan pipa p-trap


(photo by zinkevych on freepik)


jika cara-cara diatas masih belum berhasil mengatasi wastafel tersumbat, coba periksa pipa p-trap, alias pipa berbentuk siku di bawah wastafel, mungkin saja ada penyumbatan di sana. jika begitu, itu artinya anda harus membongkar pipa untuk membersihkan endapan kotoran yang menyebabkan penyumbatan. 


meskipun tidak berbahaya—dan, biasanya dapat dilakukan oleh kebanyakan orang— untuk melepas dan membersihkan pipa p-trap. namun, cara ini tidak direkomendasikan untuk pemula diy-er. ini karena, jika anda tidak memasang kembali pipa dengan benar, itu bisa menyebabkan kebocoran pipa dan kerusakan yang lebih besar. 


tetapi, saat anda siap melakukannya, tempatkan ember di bawah pipa p-trap untuk menampung air yang akan keluar setelah pipa dilepas. kemudian, lepaskan semua mur pada pipa p-trap. bersihkan pipa p-trap dari semua kotoran dan sumbatan. setelah itu, pasang kembali pipa p-trap dan siram saluran pembuangan dengan air keran untuk membersihkan sisa kotoran.


6. sebaiknya hindari pengunaan pembersih saluran kimia


(photo by karolina grabowska on pexels)


memang, menggunakan pembersih saluran kimia tampak sangat menjanjikan untuk mengatasi masalah wastafel mampet. tetapi, itu bukanlah solusi terbaik untuk jangka panjang. pasalnya, seiring waktu produk pembersih saluran kimia dapat menimbulkan korosi pada pipa dan menyebabkan timbulnya masalah yang lebih besar dikemudian hari. 


7. panggil profesional


(photo by pressfoto on freepik)


ketika cara-cara yang sudah disebutkan sebulumnya tetap tidak berhasil mengatasi masalah penyumbatan pada wastafel, inilah saatnya untuk pertimbangkan memanggil tukang ledeng profesional.


tips untuk mencegah wastafel tersumbat


(Photo by Freepik)

  • Jangan gunakan saluran pembuangan pada wastafel Anda sebagai tempat sampah. Sisa-sisa makanan yang lebih besar sebaiknya langsung dibuang ke tempat sampah. 
  • Jangan menuangkan minyak ke saluran pembuangan, karena itu bisa mengeras saat dingin, dan menyebabkan penyumbatan. 
  • Gunakan saringan wastafel untuk menampung kotoran yang lebih kecil, sehingga akan lebih mudah untuk dibuang dan dibersihkan.




(Teaser: Photo by Kaboompics.com on Pexels)